Pemudik Diuntungkan, Layanan Balik Gratis Kemenag Tuban Ditutup Besok

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Kementerian Agama Kabupaten Tuban mengambil langkah proaktif dalam mendukung pemudik dengan menggulirkan layanan balik gratis, Jumat (19/4/2024). 

Langkah ini diambil sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat, terutama dalam memastikan ketersediaan transportasi yang aman dan terjangkau selama arus balik pasca mudik.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Umi Kulsum, menyatakan hal tersebut usai rapat dengan jajarannya. 

"Kami meluncurkan layanan ini sebagai wujud dukungan kami untuk mempermudah dan menjamin kelancaran perjalanan pemudik kembali ke tempat asal mereka setelah merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H, serta untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kembali ke tempat perantauan mereka dengan mudah," ujarnya, Jumat (19/4/2024). 

Menurut Umi, layanan balik gratis ini akan dilaksanakan pada hari Ahad (21/4/2024), dengan start dari Kantor Kementerian Agama. 

"Rencana tersebut direncanakan untuk dilaksanakan pukul 13.00 WIB dengan titik penjemputan di halaman Kantor Kemenag, Alun-alun Tuban, dan Manunggal Kidul, jika Allah mengizinkan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kasubag TU Kemenag Tuban, Moh. Qosim, menambahkan bahwa Kemenag Tuban akan menyediakan satu armada bis untuk layanan ini. 

"Selain gratis, penumpang akan mendapatkan minum dan snack, dan pendaftaran kami tutup Sabtu tanggal 20 atau jika kuota sudah terpenuhi," ucapnya.

Meskipun tidak dapat memfasilitasi sampai tujuan, Kemenag Tuban berupaya memberikan bantuan pada titik terdekat, sebagai wujud partisipasi nyata dalam menghadapi arus balik dan mensukseskan program yang digagas oleh Menteri Agama. [Dwi/Ali]