Cuaca Ekstrem di Tuban Mulai Reda, Waspada Angin Kencang!

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - BMKG Stasiun Meteorologi Tuban telah merilis perkiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Tuban dalam beberapa hari ke depan. Setelah beberapa hari hujan lebat mengguyur Tuban, intensitas hujan diperkirakan akan mulai turun pada 17 Maret 2024 mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto dalam keterangan resmi menjelaskan bahwa meski intensitas hujan mulai menurun, masih ada potensi angin kencang. Dia mengingatkan bahwa gelombang laut masih berada pada level sedang, sekitar 0,5 meter sampai 1,5 meter.

Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir disebabkan oleh kombinasi tiga fenomena, yaitu Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Atmosfer Rossby, dan bibit siklon di Samudra Hindia. 

"Fenomena ini menyebabkan hujan lebat dengan intensitas sedang hingga lebat serta angin kencang di sebagian besar wilayah Tuban," katanya. 

Zem mengimbau kepada nelayan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melaut karena gelombang laut masih tinggi. Instansi dan masyarakat di Tuban juga diminta untuk selalu meng-update informasi cuaca dari BMKG melalui Aplikasi Info BMKG atau medsos resmi BMKG.

Dengan kondisi cuaca yang mulai membaik, diharapkan kegiatan sehari-hari masyarakat dapat berjalan dengan lebih lancar. 

"Meski demikian, tetap diperlukan kewaspadaan mengingat potensi angin kencang yang masih ada," tandasnya. Ali/Dwi]