Banjir Bengawan Solo di Tuban Mulai Surut

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sejumlah desa di empat kecamatan di Kabupaten Tuban terdampak banjir akibat luapan debit air Bengawan Solo. Banjir tersebut menggenangi jalanan dan rumah warga dengan kedalaman mencapai 20-60 centimeter. 

Namun, pada Kamis (14/03), banjir mulai surut, memungkinkan warga membersihkan sisa-sisa banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji dalam keterangan resminya mengungkapkan bahwa sebagian besar dari 26 desa di kecamatan Soko, Rengel, Plumpang, dan Widang yang terendam banjir Bengawan Solo sudah surut. 

"Kami telah membersihkan sekolah dan fasilitas umum lainnya yang terdampak banjir," ujarnya. 

Sudarmaji juga menyatakan bahwa BPBD Tuban telah menyalurkan 485 paket sembako untuk warga terdampak di empat kecamatan. Pihaknya bersama dengan pihak kecamatan dan perangkat desa melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir.

Meskipun banjir mulai surut, warga tetap diminta waspada karena kondisi Bengawan Solo masih belum stabil. BPBD Tuban siap diterjunkan kapan pun lengkap dengan alat pendukung lainnya. 

"Seluruh warga, termasuk di empat desa yang masih terdampak, sudah mulai beraktivitas normal," katanya. 

Sementara itu, warga yang rumahnya terdampak banjir mulai membersihkan sisa-sisa banjir dan kembali beraktivitas normal. Meskipun demikian, kerugian akibat banjir ini masih dalam proses estimasi. [Ali/Dwi]