18 Desa di Tuban Terendam Banjir Akibat Meluapnya Sungai Bengawan Solo

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Meluapnya Sungai Bengawan Solo sejak kemarin, membuat 18 desa di Kabupaten Tuban turut terendam banjir. Wilayah tersebut tersebar di 4 kecamatan berbeda. 

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengatakan ada empat kecamatan yang terendam banjir kali ini. Diantaranya yaitu Kecamatan Rengel, Soko, Plumpang, dan Widang. 

"Sampai saat ini ada empat wilayah kecamatan yang terdampak, yaitu Kecamatan Rengel, Soko, Plumpang dan Widang," ujarnya, Selasa (12/3/2024). 

Rinciannya, tiga desa di Kecamatan Soko yang terdampak, yaitu Desa Glagahsari, Kenongosari dan Sandingrowo. Sedangkan di Kecamatan Rengel ada Desa Ngadirejo, Kanorejo, Tambakrejo, Karangtinoto, Sawahan, Rengel, Sumberejo dan Prambonwetan yang terendam banjir.

Kemudian untuk Kecamatan Plumpang ada tiga yang terdampak banjir, yaitu Desa Kebomlati, Kedungrojo, serta Desa Klotok. 

"Yang Kecamatan Widang ada Desa Ngadipuro, Patihan, Simorejo, dan Kedungharjo," bebernya. 

Kendati demikian, Darmaji sapaan akrabnya, menyampaikan jika seluruh desa yang terdampak banjir tersebut, sudah mengalami tren penurunan. 

Hanya saja, ada beberapa desa yang posisi banjirnya masih cenderung tinggi, yaitu di Desa Karangtinoto, Tambakrejo, dan juga Kanorejo. 

"Sebenarnya di Rengel trennya sudah menurun, namun karena memang dia masuk ke area persawahan yang rendah, jadi air itu sulit untuk mengalir keluar," imbuhnya. [Sav/Ali]