Kades Sukoharjo Apresiasi Program Ketahanan Pangan Koramil Bancar, Masyarakat Semakin Produktif

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Koramil 0811/12 Bancar Tuban bersama warga masyarakat turut serta dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan menanam jagung manis varietas unggul jenis NK 212 di lahan seluas 1 hektar milik Darwaji di Dusun Brambang, Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Koramil 0811/12 Bancar untuk memanfaatkan lahan tidur dengan sistem tanam tumpang sari, yang diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan dan ekonomi masyarakat.

Babinsa Koramil 0811/12 Bancar telah melakukan sosialisasi kepada Kelompok Tani dan masyarakat setempat, yang berkat kerjasama yang baik, kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses. 

Melalui kegiatan ini, Koramil 0811/12 Bancar juga memberikan pembinaan gratis kepada masyarakat tentang standar operasional prosedur (SOP) penanaman jagung dan padi, serta menjamin penjualan hasil panen melalui operasi pasar guna menghindari fluktuasi harga.

Dalam pernyataannya, Danramil 0811/12 Bancar, Bati Tuud Peltu Sonhaji, menegaskan bahwa program ketahanan pangan ini akan terus dilaksanakan dan dikembangkan ke desa-desa lain. 

"Dalam waktu dekat ini, rencananya kami akan menyasar ke Desa Pugoh dan Desa Sumberan, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban," ujarnya, Sabtu (9/3/2024). 

Kades Sukoharjo, Mimin menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan ini. "Terima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan terlaksananya kegiatan ini, terkhusus kepada Bapak-bapak dari Koramil 0811/12 Bancar yang telah membuat ide ketahanan pangan di Desa kami," tuturnya.

Sebelumnya, Danramil Bancar juga telah memberikan bantuan bibit kepada Desa Sukoharjo dalam mendukung program ketahanan pangan dan menjaga inflasi pangan.

Dengan kerjasama yang baik antara Koramil 0811/12 Bancar, Kelompok Tani, dan pemerintah setempat, diharapkan program ketahanan pangan nasional dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. [Ali/Dwi]