Resep Apem Selong, Kue Tradisional untuk Acara Syukuran 

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kue tradisional yang seringkali menjadi bagian dari hidangan dalam acara-acara syukuran atau perayaan di berbagai daerah di Indonesia salah satunya adalah kue apem. 

Apem selong juga merupakan salah satu jenis apem yang cukup populer di masyarakat. Apem selong memiliki ciri khas bentuknya yang panjang dan tipis, berbeda dengan bentuk bulat atau bundar dari apem pada umumnya. Teksturnya yang kenyal namun lembut serta rasanya yang manis membuatnya menjadi camilan yang disukai banyak orang.

Kue apem sering dihidangkan sebagai hidangan penutup atau camilan ringan dalam berbagai perayaan seperti acara pernikahan, sunatan, aqiqah, khitanan, atau syukuran lainnya. Berikut ini resep selengkapnya kue apem selong.

Bahan-bahan
250 grm tepung beras
1 butir telur
100 grm gula pasir
500 ml santan
250 ml air kelapa
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Biang:
1 sdt fermipan
1 sdt gula pasir
150 ml air hangat

Topping:
Nangka diiris seperti dadu

Cara Membuat
1. Rebus santan, garam dan daun pandan terlebih dulu sampai mendidih, jangan lupa sambil diaduk biar tidak pecah. Kemudian angkat dan biarkan sampai hangat.
2. Biang: Campur semua bahan biang, aduk aduk sampai larut dan biarkan kurleb 15 menit.
3. Campur Tepung beras, telur, gula pasir, dan bahan biang. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata.
4. Tutup adonan dengan menggunakan lap bersih, dan diamkan kurleb lebih 1 jam hingga mengembang.
5. Panaskan cetakan, menggunakan api sedang cenderung kecil, lalu ambil 1 sendok sayur adonan. Tuang adonan kedalam cetakan, tekan dan putar sedikit untuk membuat renda apem selong, taburi dengan irisan nangka.
6. Tutup dan panggang hingga matang, begitu setrrusnya hingga adonan habis. 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS