Ketua DPRD Tuban Ajak Semua Elemen Jaga Kualitas Pemilu

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Pesta demokrasi yang semakin dekat, membuat semua pihak mematangkan segala keperluan pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 berlangsung.

Salah satu elemen penting dalam Pemilu nanti ialah masyarakat yang menggunakan hak suaranya. Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban meminta semua lapisan masyarakat untuk turut serta menjaga kualitas Pemilu mendatang. 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Ketua DPRD Tuban, M Miyadi. Menurutnya, Pemilu merupakan momen pesta demokrasi lima tahunan yang wajib untuk dijaga, Minggu (11/2/2024). 

"Dari sisi apapun, baik dari sisi kualitas pelaksanaan Pemilu maupun sisi kuantitas pemilih yang ada di lapangan," paparnya. 

Selain itu, ia menilai bahwa peran media pers dalam Pemilu ini sangat penting, untuk melakukan kontrol secara signifikan terhadap birokrasi. 

Hal tersebut, sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 

"Sesuai dengan Undang-undang yang ada birokrasi, ASN dan sebagainya harus netral," katanya. 

Di sisi lain, media pers juga berperan penting dalam mengkontrol pelaksanaan Pemilu, terutama KPU, Bawaslu, serta pengawas KPU di lapangan, baik di tingkat kecamatan maupun desa.

Tujuannya, agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan demokratis, jujur, adil dan sesuai dengan Perundang-undangan yang berlaku. [Sav/Ali]