Petugas Gabungan Bersihkan APK, KPU Tuban: Masyarakat Boleh Membantu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang H-3 Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 digelar di Kabupaten Tuban, petugas gabungan mulai dari Satpol PP, TNI/POLRI, Bawaslu, KPU, hingga dinas terkait mulai membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang sejumlah wilayah. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengatakan jika malam kemarin pihaknya mulai melakukan penertiban APK Capres-cawapres hingga Calon Legislatif (Caleg), seperti halnya banner, baliho, hingga bendera partai. 

"Setelah melakukan rapat koordinasi, kita apel persiapan penertiban dan melakukan penertiban secara simbolik karena sudah malam. Kita lakukan simbolik di Jalan Pramuka sampai Sambonggede," katanya, Minggu (11/2/2024). 

Menurutnya, kegiatan ini akan terus dilakukan hingga seluruh wilayah di Kabupaten Tuban bersih dari APK pada hari tenang menjelang Pemilu tahun 2024 ini. 

Untuk mempercepat dan mempermudah aksi tersebut, maka Fatkul sapaan akrabnya mengajak masyarakat untuk turut serta mencopot seluruh APK yang ada di daerahnya masing-masing. 

"Hari ini dilanjutkan kembali, bukan hanya ditingkat kabupaten, tapi PPK, PPS juga membersihkan di tempat masing-masing bersama dengan pengawas dan trantib. Masyarakat juga boleh ikut berkontribusi, karena memang yang punya sudah mengikhlaskan," jelasnya. 

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa seyogyanya, para petugas di masing-masing Parpol, Caleg maupun tim kampanye yang memasang APK, ikut membantu untuk mencopot atau menurunkan APK yang telah dipasang tersebut. 

Pada prinsipnya, lanjut Fatkul, pada Hari H Pemilu Kabupaten Tuban sudah bersih dari APK dari berbagai Parpol maupun Caleg.

"Justru kewajiban pertama itu kewajiban yang memasang untuk menertibkan, bisa jadi Caleg, Parpol atau tim kampanye nya. Tapi melihat kebiasaannya, kemarin juga kita koordinasikan dengan tim kampanye dan Parpol, maka Parpol kalau menertibkan sendiri bisa ikut membantu biar cepat," imbuhnya. [Sav/Ali]