Tergerus Air Hujan, Jalan Di Kecamatan Montong Tuban Alami Longsor

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, menyebabkan sejumlah bencana terjadi di Kabupaten Tuban. Bukan hanya banjir saja, hujan juga menyebabkan jalanan di Desa Beringin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengalami longsor

Camat Montong, Agung Sakuntolo membenarkan jika tanah longsor terjadi di daerah kepemimpinannya. Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran tanah tergerus air hujan. 

"Longsor terjadi karena tanah tergerus air hujan," paparnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Kamis (8/2/2024). 

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Agung ini menjelaskan jika jalan di wilayah tersebut masih berfungsi seperti biasanya. Hanya saja, pengendara diberi peringatan untuk berhati-hati saat melintasi kawasan tersebut. 

Selain itu, ia mengaku bahwa pihaknya juga melakukan beberapa langkah, untuk mengatasi hal ini. Seperti halnya akan melakukan penanganan sementara, dengan membuat penahanan tanah sementara dari bambu, dan juga pedel pada sisi kanan ataupun kiri jalan lokasi yang longsor. 

"Langkah yang dilakukan, yaitu memasang Police Line dan Rambu lalulintas," jelasnya.

Di sisi lain, pemerintah setempat juga telah melakukan koordinasi dengan OPD terkait, dengan harapan bisa mendapatkan TPT (Tembok Penahan Tanah) pada tahun anggaran 2024, bisa segera dilakukan. 

Oleh karena itu, Agung belum bisa memastikan kapan pelaksaan pembangunan TPT tersebut, lantaran tergantung lelang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. 

"Kami juga melaporkan pada Bupati, terkait adanya bencana tanah longsor dan upaya penanganan yang sudah dan akan dilakukan," tandasnya. [Sav/Ali ]