Segini Luasan Banjir yang Rendam Wilayah Kecamatan Rengel Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Luapan air Sungai Bengawan Solo menyebabkan 5 Desa di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban terendam banjir, Rabu (7/2/2024).

Seperti kita ketahui Kecamatan Rengel menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Tuban yang berdampingan langsung dengan Bengawan Solo. 

Dengan hal tersebut menjadikan beberapa desa di Kecamatan Rengel menjadi langganan banjir jika sudah memasuki musim penghujan. Sebab, jika Bengawan Solo pasang maka luapan airnya akan meluber ke desa-desa yang bersebelahan dengan Bengawan Solo.

Menurut Wakil Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Ronggolawe Tuban Yoyok, diperkirakan luas wilayah di Kecamatan Rengel yang terendam banjir memiliki luas sekitar 800 hektare.

“Di Kecamatan Rengel ada sekitar 800an Hektar,” ujar Yoyok.

Lebih lanjut Yoyok mengatakan jika air mulai meluber ke desa-desa yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo pada Selasa (6/2/2024) sore, dan 800 hektare lahan di kecamatan rengel yang terendam mencakup 5 desa di Kecamatan Rengel. 

Kelima desa yang terendam diantaranya, Desa Tambakrejo, Desa Karangtinoto, Kanorejo (persawahan), Sawahan (persawahan), Ngadirejo (persawahan).

“Untuk Tambakrejo kerang lebih ketinggian rata-rata air 30-60 centimeter, sedangkan ruas jalan Desa Karangtinoto dengan ketinggian kurang lebih 20-40 centimeter,” imbuhnya.

Saat ini kondisi dari pengamatan KSB Ronggolawe Tuban air yang meremdam 5 desa ini sudah mengalami tren turun. Serta untuk aktivitas warga, saat ini juga masih aman dan tak sampai terganggu.

“Warga masih bisa beraktivitas  normal. Dengan kondisi saat ini karena tren air yang terus surut, kita tidak mendirikan posko siaga,” bebernya. [Nur/Dwi]


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS