Puncak Kemarau, 3 Desa di Tuban Alami Krisis Air Bersih

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Memasuki puncak musim kemarau tahun 2023 yang diprediksi terjadi pada bulan Agustus mendatang, membuat sejumlah desa yang ada di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban mulai mengalami kekurangan air bersih sejak beberapa waktu lalu. 

Adapun desa tersebut, diantaranya meliputi Desa Grabagan, Desa Ngandong, Desa Gesikan dan juga Desa Waleran. Kabar tersebut, dibenarkan langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Sudarmaji. 

Menurutnya, sejumlah desa yang kekurangan air tersebut, tidak serta merta kekurangan air semua. Sebab, hanya ada beberapa RT saja yang kekurangan air bersih. 

Seperti halnya yang terjadi di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Dari 26 total RT yang ada, hanya ada tiga RT yang saat ini kekurangan air bersih. 

Baca Juga:

Dua Bulan Ada 6 Hektare Lahan Hutan di Tuban Terbakar

"Ada tiga di Desa Ngandong yang memerlukan air bersih dari 26 RT yang ada, jadi perlu kami luruskan sebetulnya tidak seluruh Desa Ngandong yang perlu bantuan air," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (30/7/2023). 

Untuk mengatasi permasalahan air bersih ini, lanjutnya, maka pihak BPBD memberikan bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan dengan cara dropping air. Pasalnya, meski sudah ada layanan  HIPPAM dan juga PDAM Tuban, debit air diwilayah tersebut mengalami penurunan. 

Sehingga, terdapat beberapa wilayah yang mulai kekurangan stok air bersih, pada saat memasuki puncak musim kemarau tahun ini. 

"Sebenarnya di situ sudah ada HIPPAM, sehingga pelayanan airnya sudah dilakukan oleh HIPPAM. Sementara sebagian lainnya juga dilayani oleh PDAM, karena debit airnya memang mengalami penurunan," sambungnya. 

Sementara saat disinggung terkait tiga desa lainnya di Kecamatan Grabagan yang juga mengalami kekeringan, Darmaji sapaan akrabnya, saat ini sedang dalam proses evaluasi oleh pihak BPBD Tuban, sehingga masih menunggu perkembangan lebih lanjut. 

Baca Lainnya:

Ketahui 3 Dampak Akibat Kebakaran Hutan di Tuban yang Marak Terjadi

"Untuk desa yang lain di wilayah Kecamatan Grabagan ini masih kita assessment. Apakah sama dengan Desa Ngandong atau tidak ini kita lihat dulu perkembangannya," katanya. 

Sekedar diketahui, untuk mengatasi adanya krisis air bersih ini, pihak PDAM Tirta Lestari Kabupaten Tuban, juga telah melakukan pengeboran sumur di Kecamatan Grabagan. [Sav/Ali]