Dua Bulan Ada 6 Hektare Lahan Hutan di Tuban Terbakar

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Memasuki musim kemarau seperti saat ini, sudah ada tiga titik hutan yang mengalami kebakaran di Kabupaten Tuban. Total luasan hutan di Tuban sekitar 28.000 hektar dengan dominasi hutan jati. 

Menurut Giman Kepala Seksi Perencanaan Pembangunan Bisnis (PPB) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tuban, selama ia menjabat di Kabupaten Tuban pada bulan Juni ini, sudah terdapat tiga titik hutan di Kabupaten Tuban yang mengalami kebakaran.

"Selama saya menjabat di sini sudah terdapat tiga kali kebakaran," ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (29/7/2023). 

Kebakaran pertama, terjadi pada hutan jati di wilayah kecamatan Rengel, kemudian dua kali kebakaran terjadi di hutan Pakah, Kecamatan Semanding. 

Baca Juga:

Ketahui 3 Dampak Akibat Kebakaran Hutan di Tuban yang Marak Terjadi

Dari kebakaran tersebut diperkirakan hutan di Kabupaten Tuban yang terbakar mencapai luas sekitar 6 hektaran. 

"Total luas kebakaran di 3 titik tersebut sekitar 6 hektare," imbuhnya

Menurut giman, untuk dugaan kebakaran hutan yang ada di Kabupaten Tuban, akibat ulah manusia. Lebih lanjut, ia belum mengetahui apakah memang sengaja dibakar atau ketidaksengajaan manusia.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menjadikan hutan di Kabupaten Tuban mudah mengalami kebakaran seperti lokasi hutan yang dekat dengan aktivitas masyarakat sekitar. Dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk juga ikut memantau agar hutan di Kabupaten Tuban tetap aman dari kebakaran. [Nur/Ali]