Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Tuban Gelar Pameran Bursa Kerja

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Tuban, menggelar pameran bursa kerja yang bertempat di Hall Room Hotel Mustika Tuban, selama dua hari berturut-turut.

Adapun kegiatan ini sendiri, digelar dengan tujuan menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Tuban.

Pelaksana Tugas (Plt) Disnakerin Kabupaten Tuban, Suwito mengatakan jika pada pameran bursa kerja ini, terdapat 2.244 lowongan pekerjaan yang dibuka bagi para pencari kerja. Dimana, angka tersebut naik signifikan dari jumlah sebelumnya yang hanya 1000 lowongan pekerjaan.

“Ada 2.244 lowongan pekerjaan yang dibuka pada pameran job fair tahun ini dari 26 perusahaan yang ikut berpartisipasi, dengan jumlah jenis lowongan yang ditawarkan sejumlah 76 formasi,” katanya kepada blokTuban.com, Kamis (27/7/2023).

Selain untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Tuban, lanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertemukan perusahaan pemilik pekerjaan dengan pencari kerja, serta dapat diketahui secara transparan lowongan pekerjaan yang tersedia oleh pencari kerja.

Sebab menurutnya, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Tuban saat ini kurang lebih sekitar 31 ribu, atau 4,54 persen.

“Melalui kegiatan ini diharapkan perusahaan dapat menyediakan dan menginformasikan, lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal, untuk mencari calon tenaga kerja sesuai kebutuhan, serta menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja asal Kelurahan Kingking, Novi merasa sangat terbantu dengan adanya pameran bursa kerja ini. Sebab, sudah beberapa bulan ini ia mengganggur dan sibuk mencari informasi lowongan pekerjaan dari berbagai situs internet.

“Menurut saya sangat membantu bagi kita yang baru lulus sekolah, jujur sudah beberapa bulan ini saya bingung cari lowongan kerja, jadi ini sangat membantu sekali,” ujarnya.

Dengan demikian, maka ia berharap untuk ke depannya bisa segera mendapatkan pekerjaan dan pameran bursa kerja seperti ini, bisa terus diadakan di Kabupaten Tuban. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS