Ribuan Warga Ikuti Manganan Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi  Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ribuan masyarakat yang tinggal di lingkungan Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban guyub rukun mengadakan sedekah bumi atau manganan, di kawasan Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi.

Kegiatan sedekah bumi ini sendiri, merupakan agenda tahunan yang rutin digelar oleh masyarakat setempat, dengan tujuan untuk mengucapkan rasa syukur atas keberkahan rezeki yang telah didapatkan selama ini, serta sebagai tolak balak bagi masyarakat setempat.

Ketua Yayasan Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi, Puji Prasetyo menjelaskan jika kegiatan ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut dan dimulai sejak Selasa (25/7/2023) kemarin, dengan berbagai rangkaian kegiatan.

“Acara yang pertama kita awali dengan khotmil Qur’an, dilanjut dengan jidoran dan kemudian hari rabunya pengajian dan tahlil, barulah pada hari kamis ini acara manganan yang sudah menjadi budaya masyarakat sini, dengan hiburan wayang kulit satu hari semalam,” ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi, Kamis (27/7/2023).

Adapun kegiatan sedekah bumi ini, melibatkan 14 Rukun Tetangga (RT) sekaligus, dengan masyarakat yang berjumlah kurang lebih 1.700 orang.

Menurut Puji, sapaan akrabnya, sedekah bumi menjadi agenda tahunan, dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya dari para nenek moyang.

“Tujuannya memang melestarikan budaya, karena ini kan peninggalan dari nenek moyang kita, jadi mari kita lestarikan budaya ini. Yang mengikuti ini hampir seluruh warga di kelurahan Gedongombo, sekaligus tetangga sebelah kita yaitu Desa Bejagung, Desa Kowang dan lainnya,” paparnya.

Dengan berjalannya seluruh rangkaian sedekah bumi ini, maka diharapkan tradisi turun temurun dari para leluhur ini bisa tetap lestari, dan tidak pernah punah dikalangan masyarakat.

Sementara itu, salah seorang masyarakat setempat yang turut mengikuti sedekah bumi, Yoyok mengaku bahwa antusias masyarakat dalam mengikuti tradisi sedekah bumi sangat luar biasa, sehingga ia berharap ke depannya kegiatannya bisa lebih ditingkatkan setiap tahunnya.

“Setiap tahun sudah pasti diperingati, ini sangat bagus apalagi masyarakat nya juga sangat antusias. Semoga setiap tahunnya bisa lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. [Sav/Ali]