Pesona Pantai Panduri, Satu-satunya Pantai di Tuban Menghadap ke Barat

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Hendak menikmati wisata alam di Kabupaten Tuban untuk mengisi waktu akhir pekan ?, mungkin wisata Pantai Panduri yang berada di Dusun Awar-awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban bisa menjadi alternatif wisata bagi kalian para pecinta pantai. 

Pantai Panduri sendiri bukan satu-satunya pantai yang ada di Kecamatan Jenu, namun uniknya pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang ada di Kabupaten Tuban yang menghadap langsung ke barat. 

"Pantai Panduri merupakan satu-satunya Pantai yang menghadap ke barat di pesisir Kabupaten Tuban," ujar ketua Pokdarwis Pantai Panduri Sumaji (59) kepada blokTuban.com.

Pantai Panduri selain memiliki keindahan alamnya, pantai ini juga terbilang cukup unik sebab ketika kita datang di pantai ini, kita akan disambut dengan sebuah area pemakaman. 

Pemakaman ini diyakini oleh masyarakat sekitar adalah makam dari Syekh Subakir. Sedangkan untuk lokasinya Pantai Panduri berada tepat di belakang area pemakaman tersebut. Namun walaupun posisinya yang berada di belakang makam, namun tidak membuat suasana di area pantai terasa seram. 

Baca Juga:

Resep Bumbu Pecel untuk Jualan atau Dijadikan Stok di Rumah

Untuk memasuki wilayah pantai kita tidak akan dipungut biaya tiket masuk, namun kita hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. 

Usai membayar parkir kita akan masuk ke gerbang pantai yang terbuat dari kayu sederhana, namun terlihat eksotis. Untuk sampai ke bibir pantai kita akan melewati jalanan berpasir sekitar 50 meter dengan ditemani rindangnya pepohonan cemara yang ada di sekitar lokasi pantai. 

Setelah berjalan, kita akan melihat sebuah pemandangan laut yang indah bahkan sangking indahnya kita akan lupa bahwa ini ada di Kabupaten Tuban. 

Usai sampai di bibir pantai kita akan melihat sebuah pantai yang indah dengan  air laut berwarna kebiru-biruan ditambah banyaknya perahu nelayan yang sedang melintas. 

Selain air laut yang indah, pasir di Pantai Panduri juga memiliki pasir yang begitu bersih, karakteristiknya berbeda dibandingkan pasir yang ada di pantai Tuban lainnya. 

Baca Lainnya:

Sego Telo Plus Mangut Pe, Kuliner Tuban yang Patut Dicoba

"Pasir di pantai Pantura sendiri memiliki karakteristik yang lebih lembut dan halus serta memiliki warna yang sangat putih," imbuhnya. 

Di lokasi Pantai terdapat beberapa Gazebo yang bisa digunakan untuk para wisatawan duduk santai atau sekedar ngobrol bersama teman atau keluarga.

Selain menawarkan keindahannya, pengelola Pantai Panduri juga berkomitmen bahwa kebersihan dari pantai merupakan nilai utama dari wisata disini. 

"Wisata Panduri Kita utamakan kebersihannya bertujuan agar para pengunjung lebih betah dan terkesan lebih asri," sambungnya. 

Untuk rekomendasi waktu yang pas datang ke Pantai Panduri alangkah baiknya jika kita datang di sore hari, sebab dengan letak geografis yang menghadap ke barat, ketika sore hari kita bisa menikmati keindahan Sunset yang begitu indah dari Pantai Panduri. 

Baca Selanjutnya:

Menikmati Senja di Kawasan Asmoroqondi Tuban

Untuk datang ke lokasi wisata kita cukup mengikuti jalur Pantura Tuban-Semarang nantinya jika sudah sampai di Desa Purworejo akan ada pos lalu lintas Satlantas Polres Tuban, disana ada pertigaan antara Jalan Pantura dengan jalan Syekh Subakir.  

Kita tinggal mengikuti jalan sekitar 1 Kilometer dan di sisi kiri akan kita temui lokasi Pantai Panduri yang berada di belakang makam Syekh Subakir. Sedangkan dari pusat Kota pantai Panduri memiliki jarak 24 kilometer menempuh waktu sekitar 25 menit saja. 

Sebagai informasi tambahan, selain keindahan alam pantai di lokasi ini juga tersedia tempat untuk camping di area Pantai Panduri.[Nur/Ali]