Festival Asia Afrika Bandung Gerbang Awal Thak Thakan Tuban ke Panggung Dunia

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kesenian Thak Thakan Gembong Singolawe asal Desa Belikanget, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban tampil memukau di Festival Asia Afrika Bandung, Minggu (30/7/2023). 

Seniman Thak Thakan tersebut tidak menyangka diundang dan mewakili Kabupaten Tuban dalam event internasional di Bandung itu. Ungkapan syukur bercampur bahagia ditulis akun @singolawe-tbn di IG-nya. 

"Syukur Alhamdulillah acara berjalan lancar menyisakan kenangan yang teramat indah dan penuh haru," tulis @singolawe-tbn dikutip blokTuban.com. 

Singolawe menambahkan, tampil di Festival Asia Afrika Bandung merupakan kesempatan yang luar biasa baginya. Sebab, selain menjadi perwakilan Kabupaten Tuban, juga mendapat respon baik dari warga Bandung bahkan para bule mengajaknya berfoto selfie. 

Tampil di Bandung, Thak Thakan Gembong Singolawe disaksikan langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Tuban, Emawan. 

Bupati Lindra datang lebih awal dan menyaksikan langsung gladi bersih seniman Thak Thakan. Selain itu, Kabupaten Tuban mengirimkan Cung Nduk Tuban, serta carnival Tuban. 

"Harus semangat, karena ini adalah pintu awal bagi kesenian Thak Thakan menuju pentas dunia," kata Lindra. 

Sebagai kesenian asli Tuban, Thak Thakan saat ini telah didokumentasikan dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia. Target kedepannya Thak Thakan dapat terdaftar juga di WBTB. [Ali]