Festival Seni Tikungan Tajam Tuban Wadah Anak-anak Berkesenian

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam rangka penutupan Festival Seni Tikungan Tajam anak-anak yang tergabung dalam Sanggar Tikungan Tajam Foundation menampilkan berbagai penampilan. 

Tampak masyarakat sekitar berbondong-bondong memadati Sanggar Tikungan Tajam Foundation yang terletak di Desa/Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban ini. 

Mereka antusias menyaksikan penampilan dari para anak yang tergabung dalam sanggar di ruang tajam Foundation yang digelar pada hari Sabtu (9/07/2023) malam sekitar pukul 19.00 WIB. 

Kurang lebih ada 6 penampilan tari dari anak Sanggar Tikungan Tajam Foundation serta 3 dari luar sanggar. Selain tari ada juga penampilan pertunjukan pantomim. 

Baca Juga:

Thak Thakan Gembong Singolawe Tuban Hibur Warga Bandung

Menurut Ketua Penggerak Desa Plumpang, Bambang Budiono bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap setahun dua kali. 

"Kegiatan ini kita lakukan pada setiap setahun dua kali," ujar Bambang Budiono. 

Tujuan festival ini, selain untuk melatih mental para anak-anak yang ada di sanggar, juga sebagai wadah atau tempat untuk anak-anak menalar apa yang selama ini telah dilatihkan oleh pelatih. 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bambang ini menambahkan, kegiatan festival ini sebenarnya telah dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 28 hingga 29 Juli 2023.

Untuk hari pertama kegiatan dari festival ini hanya persiapan-persiapan anak untuk pentas. Baru hari kedua atau tanggal 29 Juli terdapat berbagai rangkaian acara yaitu seperti, pengenalan tokoh karakter wayang kulit yang diisi oleh Ki ompong Sudarsono dan diikuti oleh 106 peserta. 

Baca Lainnya:

Festival Asia Afrika Bandung Gerbang Awal Thak Thakan Tuban ke Panggung Dunia

Setelah itu dilanjut dengan kegiatan workshop tari yang diikuti oleh 40 siswa. Sebagai penutup dari serangkaian acara festival, digelar pentas seni serta penampilan wayang dari Ki ompong Sudarsono. [Nur/Ali]