Puluhan Pejabat Eselon 3 Tuban Dicetak Jadi Pemimpin Lincah dan Peka

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Puluhan pejabat eselon 3 Kabupaten Tuban mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Pola Kemitraan Tahun 2023, Senin (17/7/2023).

Berlokasi di Hotel Mustika Tuban, pelatihan dibuka langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE, dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD dan pejabat eselon 2.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar dan Kepemimpinan BPSDM Provinsi Jatim Nawang Ardiani pada kesempatan yang sama menjelaskan, dalam pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk mencetak pemimpin yang lincah dan peka terhadap perubahan yang terjadi. 

Harapannya akan tercipta inovasi, meskipun dalam kondisi apapun. Ini penting untuk menjawab tantangan global.

“Untuk itu, saya harap bapak ibu mengikuti dengan serius, dan memunculkan ide-ide cemerlang dalam proses ini, dengan eksekusi yang tepat sasaran,” pesan Nawang kepada seluruh peserta.

Ia juga mengingatkan, agar dalam dua minggu ke depan, atasan dari eselon 3 tidak membebani peserta dengan tugas lain, sehingga lebih fokus dalam mengikuti kelas.

Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Kabupaten Tuban Fien Roekmini mengatakan, PKA diikuti oleh 42 pejabat eselon 3, dan dilaksanakan mulai 17 Juli hingga 4 Oktober 2023.

“Secara intensif selama dua minggu ke depan, dilanjutkan dengan pembuatan program, dan studi lapangan dan lainnya,” ucapnya.

Adapun tujuan Pelatihan Kepemimpinan Administrator ini untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja yang akan menjamin terlaksananya akuntabilitas bagi Jabatan Administrator di instansinya masing-masing.

“PKA ini menjadi penting untuk membentuk para pimpinan yang mampu menginisiasi dan adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat,” katanya. [Ali]