Dinas Pendidikan Tuban Tegur Sekolah Swasta Yang Kelebihan Pagu, DPRD Tuban: Dinas Harusnya Evaluasi Sekolah Negeri

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komisi IV (Bidang Pendidikan, Kesehatan & Kesejahteraan) Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Tuban justru meminta Dinas Pendidikan di Tuban melakukan evaluasi sekolah negeri. 

Hal itu menyusul fenomena yang kurang mendidik publik, yaitu adanya Dinas Pendidikan Tuban yang menegur pelaksanaan PPDB SD dan SMP Swasta yang kelebihan pagu.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Tuban, Luluk Kamim Muzizat Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban harusnya mengambil sikap terbaik terkait fenomena ini. Bukan malah menegur.

Baca Juga: 

Dinas Pendidikan Tuban Tegur Pelaksanaan PPDB SD dan SMP Swasta yang Kelebihan Pagu

"Ya memang disadari atau tidak, saat ini masyarakat Tuban lebih memilih sekolah swasta karena mutu dan kualitas," terang Kamim saat diwawancarai blokTuban.com, Senin (17/7/2023).

Lebih lanjut, masyarakat Tuban kini lebih memilih keunggulan sekolah swasta daripada sekolah negeri karena layanan pendidikan, prasarana dan kegiatan tambahan yang diberikan. Utamanya, kini masyarakat lebih memilih sekolah SD atau SMP yang kurikulum keagaamannya lebih kental.

"Memang sudah menjadi kesadaran bersama bahwa nilai-nilai keagamaan di tengah kemerosotan moral ini, tambahan pendidikan formal keagamaan menjadi pilihan," imbuh politisi PKB tersebut.

Baca Juga:

Komisi IV DPRD Blak-blakan Ungkap 5 Kendala Kabupaten Tuban Hadapi Merdeka Belajar

Justru, kata Kamim, Dinas Pendidikan Tuban harus segera membenahi sistem pendidikan yang lebih bagus di sekolah negeri. Semisal, jika perlu ditambahkan kurikulum yang bermuatan nilai keagamaan yang perlu diprioritaskan, maka juga harus diberlakukan.

"Sekolah negeri yang sudah difasilitasi negara dan tenaga pendidikan yang gajinya lebih dari cukup, seharusnya dalam hal ini mampu memberi pelayanan lebih baik daripada sekolah swasta," tandasnya.[rof]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS