Banyak Ikan Mati di Sungai Tuban Diduga Diracun

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Hebohkan masyarakat, sebuah sungai di selatan Pasar Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban berubah warna dan banyak ikan yang mati, Sabtu (27/05/2023).

Diketahui sebelum air sungai menjadi keruh berwarna hijau, empat hari sebelumnya ikan-ikan di dalam sungai tersebut banyak yang mati.

Akibat fenomena ini salah satu warga Bernama Supri (59) mengatakan bahwa sebelumnya air sungai tersebut biasanya jernih dan tak keruh.

“Biasanya air sungai ini jernih, tapi sekarang keruh seperti ini,” kata Supari (59), warga Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

Supari menambahkan bahwa banyaknya ikan yang mati itu setelah terdapat seorang pencari ikan yang tidak diketahui identitasnya memburu ikan dengan menggunakan alat strom dan juga racun ikan.

“Ini sepertinya airnya dipotas. Kemudian hanya diambil ikan-ikan yang besar saja, terus yang ikan kecil-kecil juga ikut mati tapi dibiarkan saja,” imbuhnya.

Diketahui akibat ulah tak bertanggung jawab ini, banyak ikan di sungai tersebut seperti ikan mujair, wader, serta berbagai jenis ikan lainnya mati.

Satim warga sekitar juga mengatakan jika aliran sungai ini biasanya dijadikan warga sekitar sebagai tempat memancing karena hidup juga beberapa jenis ikan seperti lele, dan ikan gabus.

“Kalau di sungai ini banyak jenis ikannya, ada Lele dan juga gabus. Yang di sebelah barat biasanya banyak dijadikan tempat mancing,” ungkap Satim, warga yang tinggal di sekitar sungai itu. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS