Haul Asmoroqondi Tuban, 116 Anak Dikhitan Massal

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Haul Agung Asmoroqondi, ratusan anak mengikuti khitan massal yang diselenggarakan di halaman masjid setempat. 

Ketua Yayasan Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi, Sukardi mengatakan jika khitan massal ini merupakan salah satu kegiatan rutin tahun yang selalu dilaksanakan oleh Pengurus Yayasan Asmoroqondi. 

Menurutnya, pada kegiatan tahun ini setidaknya kurang lebih ada 116 peserta yang mengikuti khitan massal, baik dari masyarakat di Kecamatan Palang maupun sekitarnya. 

"Tahun ini pesertanya lebih banyak, total ada 116 peserta bukan hanya lokal Palang, Tuban dan sekitarnya, tapi juga ada yang dari Jawa Tengah," ujarnya, Kamis (11/5/2023). 

Adapun tingginya antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut, lanjut ya, lantaran pihak panitia penyelenggara membuka pendaftaran secara umum dan juga gratis, bagi siapapun yang memiliki anak laki-laki yang belum dikhitan. 

Bahkan menurutnya, ada banyak rangakaian kegiatan lain yang diadakan oleh Pengurus Yayasan Makan Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi, yang telah dimulai sejak Minggu (7/5/2023) kemarin. Diantaranya yaitu Khataman Alquran bil ghoib, dilanjutkan festival albanjari tingkat Jatim dan Jateng.

"Tadi malam pengajian umum dan pagi ini khitanan massal," sambung dia.

Lebih lanjut, Sukardi menambahkan jika kegiatan khitan massal ini merupakan bagian dari kegiatan sosial. Dimana, para peserta yang mengikuti tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan, peserta diberikan seragam, konsumsi, perlengkapan khitan, dan juga uang saku. 

Sementara salah seorang peserta khitan massal asal Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Muhammad Ibnu Azhar Muhiyi mengungkapkan bahwa saat melakukan proses khitan, dirinya tidak merasakan sakit. 

"Tidak sakit," pungkas pelajar berusia 12 tahun tersebut. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS