Fakum Dua Tahun, BNNK Tuban Kembali Gelar Audisi Duta Anti Narkoba 2023

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban kembali menggelar seleksi Duta Anti Narkoba 2023, setelah Fakum kurang lebih selama dua tahun tahun, karena adanya Pandemi Covid-19 yang melanda Bumi Wali Tuban. 

Seleksi yang bertempat di Lantai 3 RH Ronggolawe Setda Kabupaten Tuban tersebut, diikuti kurang lebih 113 peserta dari pelajar ditingkat SMA, MA maupun SMK se-Kabupaten Tuban. 

Kepala BNNK Kabupaten Tuban, Tri Tjahyono menyebutkan jika kegiatan ini merupakan event rutin tahunan yang diselenggarakan, oleh BNNK Tuban. Namun, karena tahun sebelumnya masih dalam situasi pandemi, sehingga pelaksanaanya baru dapat dilakukan kembali pada tahun ini. 

"Maksud dan tujuannya adalah mencari dan menyalurkan bakat mereka serta menjadikan mereka peer educatior atau pendidikan teman sebaya," jelasnya, Rabu (10/5/2023). 

Menurut pria yang akrab disapa Tri tersebut, kegiatan ini dilakukan guna guna menyampaikan pesan, serta sebagai upaya dalam pencegahan penyalah gunaan narkoba dikalangan pelajar dengan versi dan cara mereka.

Pasalnya, generasi remaja saat ini sudah berbeda dengan generasi zaman dahulu. Sehingga, perlu diberikan edukasi dengan penyampaian yang berbeda. Sehingga dapat diterima dengan baik.

"Generasi remaja saat ini adalah hal yang unik, sehingga perlu diberikan sebuah edukasi yang berbeda dengan membuat challenge Duta Anti Narkoba agar lebih kreatif dan inovatif," katanya. 

Oleh karena itu, pria berkacamata ini berharap, untuk kedepannya para Duta Anti Narkoba tersebut, dapat menjadi Peer Educator serta kepanjangan tangan BNN. Dengan begitu, maka dapat menjadi contoh dan teladan bagi sesama generasi muda. 

Selain itu, diharapkan pula dapat menyampaikan pesan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dkalangan mereka sendiri.

Sementara itu, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK Tuban, Novi Eva Efiana mengungkapkan jika pemilihan Duta Anti Narkoba 2023 ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2023.

"Tahun ini kami ambil target lingkungan pendidikan SMA, SMK, MA dengan usia 15 hingga 18 tahun," pungkasnya. 

Sejak dibukanya pendaftaran kembali Duta Anti Narkoba oleh BNNK Tuban, lanjutnya, antusias dari para pendaftar sangat luar biasa. Terbukti, sudah ada 113 peserta yang turut berpartisipasi dan siap untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap audisi.

Adapun tahap audisi tersebut, yaitu meliputi tes fisik dan juga tes tulis online. Dari tahap audisi tersebut, nantinya akan dipilih 50 peserta untuk masih ke dalam babak berikutnya. 

"Hari ini mereka semua mengikuti audisi dengan tahap tes fisik, tes tulis online, dan akan dipilih menjadi 50 peserta untuk mengikuti tahap tes wawancara," tambahnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS