Diikuti 113 Peserta, Begini Tahapan Tes yang Harus Dijalani Calon Duta Anti Narkoba Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemilihan Duta Anti Narkoba 2023, yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban, mendapat sambutan yang luar biasa dari para pemuda yang ada di Kabupaten Tuban. Bahkan, total sudah ada 113 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Penyuluh Narkoba Ahli Pertama BNNK Tuban, Novi Eva Efiana mengatakan jika Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2023. 

Adapun peserta yang mengikuti pemilihan ini, lanjutnya, merupakan remaja atau pelajar yang masih duduk di bangku sekolah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang ada di Kabupaten Tuban. 

"Tahun ini kami ambil target lingkungan pendidikan SMA, SMK, MA dengan usia 15 hingga 18 tahun," jelasnya, Rabu (15/5/2023). 

Ratusan peserta yang telah mendaftar ini sendiri, selanjutnya akan mengikuti tahap audisi. Dimana, tahap ini meliputi tes fisik dan juga tes tulis yang dilakukan secara online. 

Setelah kedua tes tersebut dilakukan, maka nantinya akan dipilih 50 peserta terbaik, yang masuk ke dalam babak selanjutnya, yaitu mengikuti tes wawancara. 

"Hari ini mereka semua mengikuti audisi dengan tahap tes fisik, tes tulis online, dan akan dipilih menjadi 50 peserta untuk mengikuti tahap tes wawancara," katanya. 

Menurut Novi, sapaan akrabnya Rangkaian tes wawancara yang diujikan untuk para peserta yaitu meliputi tes wawasan ebangsaan, tes P4GN, dan juga tes minat bakat.

Setelah itu, barulah panitia akan memilih 20 peserta terbaik yang maju dibabak final. Rinciannya, yaitu 10 peserta laki-laki dan 10 finalis lainnya adalah perempuan. 

"Usai tahapan itu, akan dipilih 20 terbaik Duta Anti Narkoba yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan," tambahnya. 

Lebih lanjut, Novi menambahkan bahwa 20 peserta yang berhasil masuk ke babak final tersebut. Nantinya akan memasuki tahap karantina dan mengikuti Grand Final Duta Anti Narkoba Tahun 2023. Dimana, kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan (24/6/2023) mendatang, yang bertempat di Pendapa Krida Manunggal Tuban. 

Dengan demikian, maka ia berharap untuk ke depannya seluruh peserta yang mengikuti audisi Duta Anti Narkoba 2023 ini, nantinya dapat menjadi penggiat serta kepanjangan tangan BNNK Tuban di lingkungan pendidikan.

Untuk diketahui, pemilihan Duta Anti Narkoba selalu diadakan oleh BNNK Tuban setiap tahunnya. Namun, karena adanya Pandemi Covid-19 yang melumpuhkan aktivitas masyarakat, pemilihan tersebut terpaksa ditiadakan dan baru kembali dilakukan tahun ini.  [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS