Akibat Puntung Rokok, Satu Rumah di Jatirogo Tuban Hangus Terbakar

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kebakaran hebat menghanguskan sebuah rumah milik Suminah, warga yang tinggal di Desa Paseyan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, yang diakibatkan karena puntung rokok yang terjatuh.

Diketahui, Suminah adalah seorang janda lanjut usia yang tinggal bersama dengan anak dan cucunya yang memiliki keterbatasan mental, yang kesehariannya berjualan kebutuhan rumah tangga, seperti bensin, LPG, hingga minyak tanah. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Tuban, Gunadi mengatakan jika kejadian kebakaran yang menghanguskan rumah Suminah tersebut, bermula ketika puntung rokok milik cucu korban yang menderita gangguan jiwa, terjatuh di kasur.

"Obyek yang terbakar adalah Satu rumah milik Ibu Suminah yang diduga diakibatkan oleh puntung rokok milik cucu korban yang bernama Agus Darminto (menderita gangguan jiwa) yang terjatuh di kasur," paparnya kepada blokTuban.com, Kamis (11/5/2023). 

Puntung rokok yang terjatuh tersebut, lanjutnya, langsung merembet dengan cepat ke dalam rumah, sehingga mengakibatkan kebakaran tak bisa terhindari karena api yang semakin besar. 

Setelah mengetahui terjadinya kebakaran tersebut, salah seorang warga langsung menghubungi Tim Satpol PP dan Damkar di Kabupaten Tuban, sekira pukul 02.00 Wib.

Menerima adanya kebakaran tersebut, petugas langsung bergerak cepat menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan membawa mobil kebakaran. 

"Laporan masuk ke kota Pukul 02.00 Wib Dinihari dan armada tiba di TKP 10 menit kemudian, yaitu Pukul 02.10 Wib," jelasnya. 

Setelah sampai di lokasi kebakaran, petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban langsung berupaya untuk memadamkan api, dengan dibantu oleh warga sekitar. Kendati proses pemadaman berjalan cukup lama, namun api berhasil dipadamkan pukul 05.30 Wib.   

Beruntungnya, tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran ini. Namun kerugian materil yang dialami oleh korban ditaksir hingga Rp70 juta. 

"Korban nihil, tapi taksir kerugian kisaran Rp70 juta, satu rumah hangus terbakar," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS