Kabupaten Tuban Diguncang Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Wilayah Kabupaten Tuban habis diguncang dengan gempa berkekuatan 6,6 magnitudo, Jumat (14/04/2023) pukul 16.55 Wib.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan,  gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Tuban jika dilihat kekuatannya tergolong besar, namun tidak sampai menimbulkan potensi tsunami.

“Kalau dilihat dari kekuatannya 6,6 magnitudo tergolong besar namun kedalaman gempa 632 Kilo meter dan tidak sampai menimbulkan potensi tsunami” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto Padama kepada blokTuban.com.

Serta dari pantauan BMKG Tuban tidak terlihat adanya penyurutan air laut yang signifikan. Pria yang akrab disapa Zem ini menambahkan, diperkirakan jarak antara bibir pantai Kabupaten Tuban dengan titik gempa, sekitar 68 kilometer barat laut Tuban. Saat ini ia bersama petugas dari BMKG Tuban masih terus monitor dengan adanya potensi gempa susulan.

“Kami masih terus monitor terhadap adanya gempa susulan,” imbuhnya

Namun bagi masyarakat Kabupaten Tuban Zem menghimbau agar tidak usah terlalu panik, karena biasanya gempa susulan kekuatannya masih di bawah gempa primer.

Dan gempa susulan ini bisa saja terjadi dan juga bisa saja tidak terjadi, untuk itu Zem menghimbau agar masyarakat Tuban terus memantau informasi yang di bagikan BMKG Tuban melalui website ataupun media sosial.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS