Marak Oknum Ngaku Petugas PLN Minta Uang, Manager ULP Tuban: Itu Penipuan!

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, masyarakat di Kabupaten Tuban kembali diresahkan oleh maraknya oknum yang mengaku sebagai petugas dari PLN.

Pasalnya, oknum tersebut mendatangi rumah warga secara tiba-tiba dan membawa tutup meteran, dengan alasan agar tidak terkena atau aman dari air hujan. Namun, setelah tutup meteran tersebut terpasang, oknum langsung meminta bayaran dari pemilik rumah sebesar Rp50 ribu.

Kejadian ini, dikeluhkan oleh akun @A******ra di salah satu grup facebook yang ada di Kabupaten Tuban.

“Info lur, hati-hati jika ada orang yang tiba-tiba datang membawa tutup meteran, disuruh bayar uang Rp50 ribu yang katanya dari PLN agar tidak nampu. Saya barusan ketipu lur, waspada menjelang lebaran banyak orang tak bertanggung jawab, agar mendapatkan uang secara tiba-tiba,” tulisnya.

Menanggapi keluhan dari masyarakat tersebut, Manager PLN ULP Tuban, Agus Riyadi mengatakan jika hal tersebut merupakan modus penipuan. Pasalnya, PLN tidak pernah berjualan box atau tutup meteran.

“Itu penipuan, PLN tidak pernah jualan box dan tidak pernah menerbitkan kwitansi di pelanggan,” paparnya kepada blokTuban.com, Kamis (13/4/2023).

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Agus ini menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, agar tidak percaya apabila ada penawaran dari oknum PLN dengan modus menjual tutup meteran.

Pasalnya, box atau tutup meteran sendiri tidak diperlukan karena Kwh sudah di desain tanpa pengaman, sehingga aman dari air hujan.

“Jika ada penawaran dan minta uang atau ada kwitansi, jangan dihiraukan,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS