Jelang Lebaran 2023, Pedagang Kue Lebaran Dadakan Mulai Menjamur di Pasar Baru Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023, sejumlah pedagang kue lebaran dadakan mulai membuka lapak di Pasar Baru Tuban, yang berada di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Para pedagang dadakan tersebut mengaku sengaja mengubah dagangannya, menjadi berjualan aneka jajanan untuk  lebaran. Pasalnya, jajan kiloan atau kue kering sendiri menjadi jajanan lebaran, yang banyak diburu oleh masyarakat sejak beberapa minggu terakhir ini.

“Jualannya cuma  pas musim Lebaran saja, karena pasti banyak yang cari jajanan buat lebaran, jadi jajannya juga selalu baru,” ujar pemilik toko Winarti, Soimah kepada blokTuban.com,  Jumat (14/4/2023).

Bukan hanya jajanan kiloan saja, di toko Soimah juga menyediakan berbagai jajanan lain seperti roti kaleng, astor maupun wafer dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga Rp7 ribu hingga  Rp100 ribu tergantung dari jenisnya. 

Senada, pedagang lainnya, Atik juga mengaku sengaja menjual beraneka kue khas lebaran, menjelang  Hari Raya Idul Fitri ini guna meningkatkan penjualannya. 

“Memang sengaja mbak jualan kue, soalnya sekarang yang diburu orang-orang kan jajan buat lebaran, jadi memanfaatkan momen ini untuk menambah penghasilan,” katanya.

Dengan demikian, maka perempuan 45 tahun ini berharap untuk ke depannya agar usahanya tersebut semakin ramai dan selalu diminati oleh masyarakat di kalangan luas.

Sementara itu, salah satu pembeli jajan, Rindi, mengatakan  bahwa setiap menjelang lebaran, ia selalu antusias berburu jajan lebaran ataupun kue kering, sebagai hidangan untuk tamu yang datang ke rumahnya.

“Setiap tahun  selalu antusias buat beli pernak-pernik untuk lebaran, sampai kalap rasanya lihat pilihannya banyak banget,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS