Catat! 3 Hal Harus Dijaga Saat Berkunjung ke Pemandian Bektiharjo Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Siapa yang tidak tahu Pemandian Bektiharjo, salah satu pemandian yang terkenal di Kabupaten Tuban ini ternyata memiliki beberapa cara beretika saat berkunjung.

Pemandian Bektiharjo merupakan sebuah sumber mata air yang terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, dan masih menjadi alternatif tempat wisata alam bagi masyarakat Kabupaten Tuban.

Menurut Juru kunci pemandian Bektiharjo Hartono (70) terdapat tiga hal yang harus dijaga oleh para pengunjung Pemandian Bektiharjo.

“Ada ada tiga hal yang harus dijaga oleh para pengunjung Pemandian Bektiharjo,” ujar Hartono (70) kepada blokTuban.com, Senin (27/06/2023) .

Yang pertama pengunjung datang di Pemandian Bektiharjo harus mengucapkan salam, hal ini sebagai bentuk permisi ketika datang di sebuah lokasi.

Yang kedua harus menjaga ucapan, karena tidaklah pantas seseorang di lokasi Pemandian Bektiharjo mengucapkan kata-kata kotor.

Yang ketiga kita harus menjaga perbuatan atau perilaku, dan jangan sampai kita berbuat yang tidak pantas, seperti mengambil ikan yang ada di kolam atau melempar monyet yang ada di pemandian Sidoarjo dengan batu, bahkan merusak ekosistem yang ada.

Hartono (70) menambahkan hal-hal tersebut bukanlah sebuah kewajiban bagi pengunjung, namun hal tersebut akan lebih baik jika di laksanakan.

“Hal tersebut tidak wajib mas, tapi untuk menjaga perilaku saja,” tambahnya

Karena jika tidak menjaga perilakunya dan terkena dampaknya, maka resikonya diambil sendiri.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS