Jembatan Glendeng Tuban Dibangun Setelah Lebaran

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.comJembatan Glendeng yang terletak di Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban akhirnya akan di bangun usai bulan Suci Ramadan 1444 H/2023 M.

Diketahui, jembatan tersebut merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Soko dengan Desa Kalirejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Jembatan ini sempat diperbaiki dan menghabiskan dana Rp6 miliar untuk biaya perbaikan pada tahun 2021. Selain itu, sempat dibuka untuk roda dua pada awal tahun 2022dan pada awal bulan Februari 2022, jembatan kembali di buka untuk semua jenis kendaraan.

Namun, tak berlangsung lama di akhir bulan Februari 2022 kendaraan berat dilarang melintasi jembatan, kemudian pada bulan Mei 2022 jembatan resmi ditutup secara total lagi. Pada bulan Juli 2022 Jembatan penghubung dua Kabupaten ini kembali dibuka untuk kendaraan roda dua. Buka tutup jembatan karena kondisi kontruksi jembatan yang membahayakan kendaraan yang lewat.

Menanggapi terkait perkembangan Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan, bahwa perencanaan dalam pembangunan Jembatan Glendeng akan diselesaikan pada bulan Maret 2023.

Baca Juga:

Jalan Satu Arah di Tuban Bertambah

“Perencanaan akan kita selesaikan pada bulan ini, dan Insyaallah pada bulan ini akan kita lelang,” ujar Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, kepada wartawan, Minggu (26/03/2023).

Lindra menambahkan, bahwa pihaknya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan hal tersebut. Diperkirakan setelah bulan Suci Ramadhan 2023 ini, sudah memasuki proses pembangunan jembatan sepanjang 310 meter ini.

Untuk anggaran yang akan disiapkan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk pembangunan jembatan yang melintas di atas Sungai Bengawan Solo ini mencapai Rp 30-35 miliar.

“Untuk anggaran pembangunan Jembatan Glendeng Rp 30-35 miliar,” tutupnya.

Baca Juga:

Cek Nama Jemaah Haji yang Berhak Lunasi Bipih 1444 H

Sebagai tambahan, selama jembatan Glendeng di tutup untuk kendaraan roda empat, pengguna jalan roda empat yang hendak menuju Kabupaten Bojonegoro, harus melalui jalur alternatif Ponco-Parengan, Kabupaten Tuban. Bagi roda dua dapat memanfaatkan perahu yang siaga di tepi sungai dan diharapkan tetap berhati-hati. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS