Penting Ditanamkan Sejak Dini, Begini Pendidikan Karakter di TK Al-Quran Plus Baik

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Karakter merupakan perilaku dari seseorang yang berbeda-beda satu dengan lainnya, sebagai hasil dari proses interaksi dengan lingkungannya. Untuk itu, selain kemampuan akademis, pendidikan karakter siswa juga target yang penting bagi lembaga pendidikan.

Pasalnya, pendidikan karakter di sekolah, bertujuan untuk membangun karakter siswa agar dapat melekat pada diri dalam berperilaku sehari-hari. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus dilakukan sejak usia dini.

Selain orangtua, hal ini juga menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi para guru yang mengajar di jenjang Taman Kanak-kanak. Sebab, pendidikan di masa TK adalah awal pembentukan dari karakter seseorang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pendidikan karakter sejak dini.

Seperti halnya, yang dilakukan oleh tenaga pendidik di TK Al-Quran Plus Baik Tuban yang mengedepankan akhlakul karimah, untuk menamkan pendidikan karakter kepada anak.

“Pendidikan karakter di TK saya, yaitu tentang bagaimana kita bersikap, berucap dan beradab. Itu kami lakukan setiap hari dengan pendidikan karakter berupa pembiasaan,” ujar Kepala Sekolah TK Al-Qur’an Plus Baik Tuban, Kusmiatun kepada blokTuban.com, Jumat (3/2/2023) saat ditemui di ruangannya.

Baca juga:

Aktif Cegah Hoaks dan Misinformasi, AMSI Raih Penghargaan Kolaborasi Covid-19

Kebiasaan baik tersebut, lanjutnya, dimulai dari hal-hal terkecil seperti menyapa sesama teman dan guru, salam, hingga pembiasaan untuk hormat, disiplin dan juga kerapian.

Selain itu, seluruh siswa-siswi yang belajar di sekolah yang terletak di Jalan Ronggolawe, tepatnya di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban ini, juga diperkenalkan dengan pembelajaran afektif, kognitif, psikomotorik serta lima perkembangan.

“Seperti NAM (nilai agama dan moral), fisik motorik, kognitif, bahasa dan seni itu selalu kita sampaikan. Enam nilai agama itu pembiasaan baca doa, mengenal ciptaan Tuhan itu kita sampaikan sesuai dengan temanya pada hari itu,” lanjutnya.

Tak hanya itu saja, untuk mengenalkan karakter, seluruh siswa juga diwajibkan untuk mengikuti sholat dhuha pada hari yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menanamkan karakter kecintaan terhadap Allah SWT, kecintaan kepada Rosulallah dan cara bersosialisasi antar teman.

Lebih lanjut, selain karakter yang bagus, perempuan ramah ini mengaku bahwa keunggulan dari lembaga pendidikan yang dipimpinnya tersebut, yaitu pembelajaran baca, tulis dan menghitung. Menurutnya, pelajaran tersebut sangat digencarkan lantaran untuk mempersiapkan anak-anak ke jenjang yang lebih tinggi.

Di samping itu, pembelajaran yang berada di lembaga pendidikan ini juga memberikan pembelajaran dengan sistem kelompok. Dimana setiap satu tenaga pendidik bertanggung jawab untuk mengajari 6 orang anak, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. 

Dengan demikian, maka perempuan berhijab ini berharap, agar ke depannya sekolahnya dapat lebih maju, berkah, lebih banyak diminati masyarakat dan bisa menjadi kebanggaan. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS