Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Minuman kopi bisa mencegah diabetes? Hal ini menurut dr Zaidul Akbar bisa saja asalkan kopi tersebut dicampur dengan kunyit.

Jadi dokter penulis buku Jurus Sehat Rasulullah ini membagikan resep racikan kopi yang dicampur dengan kunyit bisa mencegah diabetes hingga penuaan dini.

Kopi yang dicampur dengan kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun sebaliknya jika berlebihan ditambahkan gula, krimer, susu atau lainnya justr tidak baik bagi tubuh.

Racikan kopi kunyit, kata dr Zaidul mengandung asam caffeic. Asam caffeic adalah senyawa organik dan antioksidan kuat, senyawa ini dapat ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

"Ini dapat meningkatkan kinerja atlet dan dianggap penting untuk kesehatan manusia," tulisnya dalam unggahan di akun Instagram muliknya.

Kopi kunyit juga mudah dibuatnya, bahannya cukup sediakan kopi hitam, kunyit, jahe, air panas dan gula aren. 

Cara membuatnya:

1. Parut kunyit seukuran 5 cm

2. Seduh kunyit tersebut dengan air panas 40 ml selama 5 menit.

3. Campurkan gula aren secukupnya dan aduk rata.

4. Di gelas lain, seduh satu sendok kopi menggunakan 100 ml air panas.

5. Setelah itu, tuang kopi ke gelas yang berisi seduhan kunyit.

6. Jika suka bisa ditambahkan air jahe agar terasa hangat.

Kopi dan kunyit disebut racikan yang sempurna, sebab senyawa asamcaffeic memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti kemampuan antiradang, antikanker danantivirus.

Asam caffeic dapat membantu mencegah timbulnya beberapa penyakit dari kanker, penyakit jantung, dan penyakit usia lanjut lainnya seperti Alzheimer. Senyawa ini juga dapat membuat kulit menjadi tampak lebih muda dan melindungi dari sinar matahari.

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS