Almarhum Zainal Arifin, TKSK Tuban Diberi Penghargaan Kategori Purna Tugas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Almarhum Zainal Arifin yang merupakan TKSK Kabupaten Tuban wilayah pendampingan Kecamatan/Kabupaten Tuban diberikan penghargaan kategori purna tugas oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diberkan pada puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 di Hotel Novotel Samator Surabaya, Rabu (14/12). Pelbagai penghargaan telah diberikan Dinsos Jatim sebagai wujud dedikasi dan peran sosial di tengah masyarakat sebagai relawan sosial.

Penghargaan tersebut, diantaranya diberikan kepada karang taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan TKSK Purna Tugas berprestasi.

Koordinator TKSK Kabupaten Tuban, Imron yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, dari sekian penghargaan tersebut ada satu penghargaan yang diterima Kabupaten Tuban.

Baca berita terkait:

Relawan Sosial Besutan TKSK Widang Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

"Kategori TKSK Purna Tugas atas nama almarhum Zainal Arifin yang merupakan TKSK Kabupaten Tuban wilayah pendampingan Kecamatan Tuban," ungkapnya.

Disampaikannya, Zainal Arifin adalah TKSK Tuban yang meninggal pada 2021. Ia mengabdikan diri sebagai pendamping tenaga kesejahteraan sosial sejak 2009 hingga 2019.

"Almarhum berasal dari Kelurahan Latsari, Tuban. Beliau adalah sosok panutan, bapak, sahabat, sekaligus guru bagi kami TKSK Kabupaten Tuban," ujar Imron.

Menurut Imron, TKSK merupakan relawan sosial yang menjadi leader dan garda terdepan di setiap kegiatan penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

"TKSK harus dapat mengoptimalkan peran tersebut dan berkontribusi nyata dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik pencegahan dan penanganan masalah sosial serta pemberdayaan masyarakat, khususnya di Kabupaten Tuban," pesan Imron.

Diharapkan penghargaan tersebut bisa menjadi pelecut bagi TKSK lainnya. Bahwa menjadi TKSK adalah tugas mulia sebagai pilar sosial dan pahlawan kemanusiaan di tengah masyarakat hari ini, esok dan akan datang. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS