Diduga Sengaja Dibuang, ODGJ Ditemukan di Gunung Wangun Tuban Makan Sampah

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com –  Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) diketahui asal Sragen Jawa Tengah diduga dibuangdengan sengaja di daerah Gunung Wangun, Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Mengenaskannya, ODGJ ini hidup dari mengais sisa sampah yang ada di gunung.

 

Menurut Amel (18) warga sekitar mengatakan bahwasanya keberadaan ODGJ tersebut awal mula diketahui oleh orang tuanya saat hendak pergi ke ladang. Melihat kondisi ODGJ tersebut yang memakan sisa-sisa sampah orang tuanya setiap hari mengirim nasi bungkus serta minuman sehari dua kali sampai tiga kali.

Baca juga: Masih Ada 236 KK di Tuban yang BAB Sembarangan, Simak Daftar Desa yang akan Dibangunkan Jamban

“Awal mula diketahui oleh orang tua saya, saat hendak pergi ke ladang, orang tua saya kasihan karena orang tersebut memakan sia-sia sampah kemudian setiap hari dikirim makanan oleh orang tua saya,” ujar Amel kepada blokTuban.com Rabu (14/12/2022).

 

ODGJ  tersebut ketika dimintai keterangan oleh warga sekitar sulit untuk menjawab. Tapi ketika ditanyain terkait nama ODGJ tersebut mengatakan bahwasanya namanya adalah Iyem (50) dan ia berasal dari Sragen Jawa Tengah.

 

Saat ini ODGJ yang mengaku bernama Iyem sendiri sudah ditampung di rumah orang tuanya Amel terhitung sudah 3 hari. Sebelumnya Iyem tinggal di gunung Wangun dengan sampah-sampah hampir dua minggu.

Baca juga: Cerita Pilu Pedagang di Kawasan Wisata Sunan Bonang Tuban, Banyak Jajanan Kebuang Saat Covid-19

Warga sekitar menduga ODGJ ini dibuang oleh seseorang dan diasingkan di gunung tersebut. Karena sebelumnya belum pernah ada ODGJ tinggal di Gunung Wangun.

 

Menurut Amel saat ini ODGJ tersebut telah diserahkan kepada pihak desa agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS