Tak Layak, Tugu Mbangun Deso Noto Kutho di Simpang 3 Merakurak Tuban akan Dihilangkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tugu Merak yang bertuliskan Mbangun Deso Noto Kutho di simpang tiga Kecamatan Merakurak mulai dibongkar karena kondisinya rusak, Sabtu (25/6/2022) siang. Informasinya, tugu yang konon sering ditabrak kendaraan hingga tiga kali itu tidak akan dibangun lagi. 

Sebagaimana gantinya, sekenario yang disampaikan Camat Merakurak, M. Mustakim akan dipasang lampu atau tanda oleh intansi terkait. Tugu tersebut dinilai tidak memenuhi kelayanan berdiri di simpang tiga itu. 

Terkait : Asiknya Bersantai Di tugu Perbatasan

"Ketika mau di geser sedikit ke timur atau barat juga sama saja, akan mempersempit ruas jalan lainnya. Begitupula ketika hendak dilebarkan jalannya, proses pengurusannya harus ke pihak SDA karena berkaitan dengan sumber mata air setempat," kata Camat Mustakim kepada blokTuban.com. 

Sejak awal, lanjut Camat kondisinya tugu Merak yang sudah miring itu telah dilaporkan ke Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Dikabarkan pula, tugu tersebut terakhir diperbaiki menggunakan dana CSR dari PT. SIG Gotho Tuban. 

Terkait : Serupai Arsitektur Candi, tugu Perbatasan Jadi Tempat Menarik

"Setelah tugu itu dihilangkan, maka kewenangannya rekayasa lalu lintas akan langsung dibawah Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban," bebernya. 

Dari data yang dihimpun, tugu dengan simbol burung merak itu terhitung sudah 3 kali rusak akibat tertabrak kendaraan. Terakhir kerusakan terjadi usai tertabrak bus pada bulan Maret lalu. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.