BUA Mahkamah Agung ke Tuban, Ini Tujuannya

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung Edi Yuniadi melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban. Ternyata tujuannya untuk monitoring pembangunan Zona Integritas. 

Edi di dampingi dengan timnya monitoring Zona Integritas di Jawa Timur, termasuk Tuban. Di Bumi Wali, Edi dan tim berkunjung ke kantor Pengadilan Agama (PA) terlebih untuk melihat situasi dan kondisi pada pengadilan.  Lalu dilanjutkan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Tuban. 

Edi didampingi oleh Plt. Ketua Pengadilan Agama (KPA) Tuban, Drs. Pahrur Raji, M.HI., Panitera PA Tuban, Zahri Muttaqin, S.Ag. M.HES dan Sekretaris PA Tuban, Umi Rofiqoh. Edi menanyakan mengenai pelayanan yang disediakan PA Tuban pada MPP. 

“Untuk saat ini kami menyediakan pengambilan produk dan informasi,” ujar Zahri Muttaqin, Panitera PA Tuban saat mendampingi kunjungan tersebut. 

“Ke depannya diharapkan kami mampu menyediakan layanan gugatan mandiri juga di sini,” lanjut  Zahri.

Selain kunjungan ke stand PA Tuban, Edi juga bertemu dengan Ketua  Pengadilan Negeri Tuban Arief Boediono, S.H., M.H. dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Tuban. Dalam diskusi singkat yang dilakukan antara PA, PN, BUA dan MPP mengenai layanan dan dampak adanya MPP untuk PN dan PA, Plt. KPA Tuban menyampaikan keinginan dan rencana ke depan untuk pemberian layanan dari PA Tuban 

“Kami mengharapkan ke depannya keinginan kami untuk dapat memberikan pelayanan prima yang terbaik kepada masyarakat dapat tercapai. Mengingat adanya beberapa hambatan, termasuk diantarany sarana prasarana yang tersedia, MPP ini memberikan manfaat kepada kami,” jelas Pahrur.

Menurut Pahrur, bekerjasama dengan menyediakan layanan di MPP ini merupakan inovasi yang bagus sekali untuk PA Tuban. Dengan adanya tantangan keterbatasan lahan, kata dia, pemindahan beberapa layanan ke MPP mampu menghilangkan kerumunan di kantor PA Tuban.

 “Diharapkan ke depannya semakin banyak layanan yang dapat disediakan PA Tuban di MPP,” katanya.

Sedang Edi menilai, MPP Tuban ini juga sudah bagus. Tapi karena masih baru, maka perlu diperkuat lagi sosialisasi mengenai apa saja layanan yang tersedia di MPP. 

 “Dengan lebih banyaknya publikasi mengenai layanan, maka masyarakat akan lebih mudah mengetahuinya,” tandasnya.[ono]