Puasa Ayyamul Bidh 2022 Dimulai 13 - 15 Juni, Ini Lafal Niat dan Keutamaannya

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Puasa sunnah ayyamul bidh 1443 Hijjriah jatuh pada 13-15 Juni 2022. Ayyamul bidh sendiri berarti hari-hari cerah, yaitu hari yang malamnya disinari bulan purnama.

Berdasarkan ikhbar PBNU telah menentukan awal Dzulqa'dah pada 1 Juni 2022. Dengan demikian umat islam yang hendak melaksanakan ibadah puasa ayyamul bidh dimulai tanggal 13, 14 dan 15 Juni 2022 pada hari Senin, Selasa dan Rabu.

baca juga: Ini Niat Puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah, Latin, Arab dan Artinya

"Sesuai hadist yang diriwayatkan Ibnu Abbas, puasa di ayyamul bidh hukumnya sunnah muakkad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan," keterangan yang dikutip dari NU Online pada Seninn (13/6/2022).

Dalam riwayat sebuah hadist dari Ibnu Abbas ra menyebutkan Rasulullah melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari yang malamnya cerah yang disebut ayyamul bidh. 

Berikut niat lafal puasa ayamul bidh:

 Ù†ÙŽÙˆÙŽÙŠÙ’تُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ. 

Artinya, “Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.” 

baca juga: Niat Puasa Sunnah Senin - Kamis, Tapi Haram Dilaksanakan Hari-Hari Tertentu

 

Niat puasa tengah bulan ini hendaknya dilafalkan secara lisan bukan sekedar dibaca dalam hati. Boleh dilafalkan sejak malam harinya hingga waktu zawal yaitu posisi matahari condong ke barat.

Keutamaan puasa ayyaul bidh jika dilaksanakan selama 3 hari berturut turut sama dengan puasa sepanjang tahun. 

mengutip hadist hadits yang diriwayatkan Abudzar ra, Nabi Muhammad saw. bersabda: ‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti  melaksanakan puasa sepanjang tahun. [Dwi]

baca juga: Tanggal Berapa Sih Puasa Tarwiyah 2022? Simak Juga Apa Keutamaannya

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI