Tanggal Berapa Sih Puasa Tarwiyah 2022? Simak Juga Apa Keutamaannya

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tanggal berapa dan apa keutamaan puasatarwiyah 2022 ini? Ini adalah pertanyaan yang yang sering ditanyakan masyarakat mendekati hari raya Idul Adha.

Puasa tarwiyah adalah puasa sunah yang dilaksanakan dua hari sebelum hari raya Idul Adha. 

Ketetapan pelaksanaan biasanya ditentukan berdasarkan posisi hilal yang dilakukan Kementerian Agama Republik Indonesia atau oleh organisasi islam di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama dan PP Muhammadiyah.

Beberepa waktu lalu PP MUhammadiyah mengeluarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Melalui maklumat tersebut dijelaskan peringatan hari raya Idul Adha jatuh pada 8 Zulhijjah 1443 Hijriah yang bertepatan tangal 9 Juli 2022.

Berdasarkna informasi di atas, pelaksanaan puasa tarwiyah yakni 8 Zulhijjah 1443 Hijriah bertepatan dengan tanggal 7 Juli 2022.

Sementraa itu NU belum mengeluarkan penetapan sesuai kalender umum kapan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah kali ini.

Apa Keutamaan Puasa Tarwiyah?

Dilansir dari NU ONline, ada keutamaan puasa tarwiyah yang perlu diketahui oleh segenap umat islam. 

Keutamaan puasa tarwiyah yakni dapat menghapus dosa selama satu tahun.

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda berkenaan dengan puasa sunah yang dilaksanakan pada bulan Zulhijah yaitu:

“Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah, daripada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah, walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian kembali tanpa membawa apa-apa.” (HR Bukhari).[Dwi]