Didukung APBD Tuban Rp1,2 Milyar, Ini Hasil TMMD ke-113 di Desa Kaligede

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 113 Kodim 0811 Tuban di Desa Kaligede, Kecamatan Senori telah ditutup pada Kamis (9/06). Kegiatan TMMD kali ini didukung APBD Kabupaten Tuban sebesar Rp 1,2 Milyar.

Ketua Tim Satgas TMMD ke- 113 tahun 2022, Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin memaparkan, program TMMD yang dilaksanakan di Desa Kaligede Kecamatan Senori yang mengangkat tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Hal ini menjadi wujud bakti sosial dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di desa melalui kemudahan aksesibilitas masyarakat dalam mendukung peningkatan kesejahteraan warga. 

“Hasil dari TMMD ini adalah terwujdunya kemudahan aksesibilitas di Desa Kaligede utamanya untuk petani dalam mengangkut hasil panen,” ujarnya.

Baca Juga : Temuan Rombongan Mabes TNI AD Saat Meninjau Lokasi tmmd ke-113 di Tuban

Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa pembuatan jalan sepanjang 1.151 meter, pemasangan gorong gorong di dua tempat, serta pembuatan 3 tanggul. Tidak hanya itu, Kodim Tuban bekerja sama dengan perbankan dan perusahaan melalui program CSR melakukan rehab rumah tidak layak huni untuk 21 KK serta satu mushola. 

Dandim menambahkan, untuk sasaran non fisik pada TMMD kali ini diantaranya pengobatan massal, vaksinasi, pameran UMKM, pelayanan kesehatan hewan terpadu, penyuluhan stunting dan penyuluhan bela negara. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan rencana pembangunan jalan menggunakan PAPBD 2022. 

Baca Juga : Satu Persatu Peternak di Desa Kaligede Didatangi Petugas Dinas Peternakan dan Satgas tmmd

"Jalan menjadi satu hal yang sangat dinantikan masyarakat, PAPBD tahun ini kita bakal bangun jalan dengan total panjang 150 Kilometer,” ungkap Bupati Tuban dalam keterangannya, Jumat (10/6/2022). 

Program TMMD, lanjut Bupati Lindra sebagai wujud kolaborasi antara TNI dengan Pemkab melalui pembangunan akses jalan dan jembatan. Kemudahan akses jalan bisa mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. 

“Ini menjadi wujud pelayanan kepada masyarakat serta kolaborasi Pemkab dengan TNI, semoga apa yang dibangun dapat bermanfaat bagi warga desa,” ucapnya.

Sebagai bentuk komitmennya, Pemkab Tuban akan menindaklanjuti hasil TMMD untuk selanjutnya dimasukkan dalam program pembangunan Kabupaten Tuban. Seperti pembangunan jembatan dan Tembok Penahan Tanah (TPT)  akan diusulkan pada anggaran terdekat, yaitu PAPBD 2022 atau APBD tahun 2023.

Dalam penutupan TMMD ke-113 dihadiri Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf Unang Sudargo. TMMD, kata Danrem bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyat dengan mengedepankan semangat gotong royong. 

Danrem Unang menjelaskan, penentuan program untuk TMMD telah melalui survei lapangan dan meminta usulan langsung dari warga melalui MUSRENBANGDES, untuk itu ia berpesan kepada masyarakat agar terus merawat capaian TMMD yang telah dibangun. 

“Memang yang dibutuhkan adalah jembatan penghubung dan tanggul. Jadi, saya pesan warga harus jaga apa yang telah dibangun,” tutupnya. [Ali]

Temukan berita Tuban menarik lainnya DI SINI.