17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Satu Persatu Peternak di Desa Kaligede Didatangi Petugas Dinas Peternakan dan Satgas TMMD

bloktuban.com | Wednesday, 01 June 2022 14:00

Satu Persatu Peternak di Desa Kaligede Didatangi Petugas Dinas Peternakan dan Satgas TMMD Satu per satu peternak di Desa Kaligede didatangi petugas dari Dinas Peternakan Tuban dan Satgas TMMD Kodim 0811. (Istimewa)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kini menjadi isu genting di Kabupaten Tuban. Karena penyakit pada hewan ternak itu merebak, akhirnya per 31 Mei 2022 seluruh pasar hewan di daerah ditutup. 

Menindaklanjuti hal tersebut, Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP2P) melaksanakan sosialisasi secara langsung dari rumah ke rumah peternak berupaya untuk mencegah penularan wabah PMK pada hewan ternak di Desa Kaligede Kecamatan Senori, Rabu (1/6/2022).

Kegiatan ini merupakan program salah satu dari sasaran non fisik Satgas TMMD yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini, mengingat penyakit tersebut menular dengan cepat.

"Bersama petugas penyuluh kesehatan hewan kita melakukan sosialisasi secara langsung kepada para peternak sapi yang ada di Desa Kaligede ini," kata Pasiter Kodim 0811 Tuban saat memantau pemeriksaan kesehatan hewan  di Lokasi Satgas TMMD.

Di Desa Kaligede ini, Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban bersama tim kesehatan hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban mendatangi satu per satu rumah peternak, dan melakukan pemeriksaan, dan menyampaikan sosialisasi langsung kepada peternak tentang penyakit mulut dan kuku pada sapi. 

Peternak juga diberikan brosur berisi teknik mengetahui gejala penyakit mulut dan kuku pada sapi, serta cara melaporkan kepada petugas apabila ada sapi yang mengalami gejala.

"Intinya yang perlu dilakukan adalah komunikasi, informasi, dan edukasi kepada peternak, sehingga dengan cara seperti itu deteksi dini bisa dilakukan," katanya.

Dalam kesempatan ini Kabid Keswan DKP2P Drh. Pipin, mengatakan Akan menyambut langkah baik program Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban, dengan ini Tim Kesehatan Hewan bersama Satgas TMMD akan meminta kepada peternak agar sering memeriksa kondisi kesehatan fisik sapi peliharaan mereka sekaligus senantiasa menjaga kebersihan kandang, pakan, dan vitamin, sehingga tidak mudah terpapar virus.

"Kami minta peternak untuk melaporkan manakala ada hewan ternak mengalami gejala PMK, seperti demam tinggi antara 39 hingga 41 derajat Celsius, keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, pincang, luka pada kaki dan diakhiri lepas kuku, sulit berdiri, gemetar, dan napas cepat," katanya menjelaskan.

Sejauh ini, menurut dia, memang tidak ditemukan ada sapi milik warga Kaligede yang mengalami gejala terserang penyakit mulut dan kuku. Akan tetapi, antisipasi harus dilakukan, karena risiko penyebaran jenis penyakit ini sangat tinggi, dengan angka kesakitan dan kematian juga tinggi.

"Terkait pencegahan wabah PMK ini, kami tidak bekerja sendiri, tetapi melibatkan institusi lain, seperti TNI dan Polri," tutupnya. [Ali]

 

Tag : Tuban, PMK, Desa Kaligede, Satgas TMMD, Kodim 0811, Dinas Peternakan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat