Warga Kaligede Terharu Rumahnya Dibongkar Satgas TMMD Kodim 0811 Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Rumah dengan luas 10 M x 7 M yang dibongkar itu merupakan milik Sarni warga Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Rumah tidak layak huni (RTLH) tersebut menjadi salah satu prioritas perbaikan dari Satuan Penugasan (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113.

Pasiter Kodim 0811 Tuban Kapten Czi Khairil Anwar mengatakan, RTLH yang dibongkar itu nantinya direnovasi kembali. Secara keseluruhan ada 20 rumah warga tidak layak huni di Desa Kaligede yang akan direnovasi kembali. 

"Rumah warga itu akan dibangun kembali berkonstruksi semi permanen agar layak untuk ditempati," ujar Pasiter Kodim 0811 dalam keterangannya kepada blokTuban.com, Jumat (13/5/2022). 

Sementara itu, Sarni pemilik rumah RTLH tersebut mengaku terharu ketika mengetahui rumahnya akan direnovasi dalam program TMMD ke-113. Sebelumnya, rumah yang ia tempati bocor mulai dari atap hingga dindingnya yang terbuat dari kayu sehingga saat hujan airnya kerap masuk. 

"Saya sangat senang, serasa mimpi tapi kenyataan, bahwa rumah saya dibongkar untuk direnovasi," ucap Sarni.

Setelah diperbaiki, Sarni bersama anggota keluarganya tidak akan lagi merasa kedinginan. Ia berterimakasih atas perhatian pihak TNI yang merenovasi rumah warga Kaligede sehingga nantinya layak huni. 

Baca berita sebelumnya : Wujud Sinergi Membangun Negeri, TMMD Ke-113 di Kabupaten Tuban Resmi Dibuka

Selain RTLH, Satgas TMMD ke-113 Kodim 0811 Tuban mulai membangun MCK untuk meningkatkan pola hidup hidup sehat ke masyarakat sekitar cerus Migas Tapen itu. Satgas hari ini mulai bergerak membuat pondasi dan lubang pembuangan untuk pembangunan MCK di lokasi TMMD, meski cuaca tidak mendukung tapi satgas tetap semangat.

Diberitakan sebelumnya, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di Kabupaten Tuban resmi dibuka, Rabu (11/5) di Pendapa Kridha Manunggal yang berada di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.  

Kegiatan yang mengangkat tema  “TTMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” sendiri merupakan keterpaduan antara TNI bersama dengan pemerintah daerah sebagai wujud percepatan pembangunan di daerah pedesaan, serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin mengatakan jika TMMD ini akan terdiri dari dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Adapun kegiatan fisik yang dimaksud ialah pembangunan jalan di Desa Kaligede, Kecamatan Senori sepanjang 1.151 meter, memasang gorong-gorong dan Tanggul Panahan Tanah (TPT). [Ali]