Tidak Sulit, Ternyata Ini Rahasia Jamur Crispy Bisa Renyah dan Bertahan Lama

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Jamur crispy merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Oleh karena itu, jenis makanan ringan ini cukup mudah ditemui di berbagai daerah, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. 

Tidak hanya rasanya saja yang nikmat, bahkan cara pembuatannya pun terbilang sederhana dan mudah dipraktekkan di rumah. Namun kendati terbilang mudah, rupanya membuat jamur crispy ini juga perlu memerlukan sedikit teknik agar lebih renyah dan tahan lama. 

Sebab, seringkali jamur crispy menjadi cepat lembek apabila sudah menjadi dingin. Menurut Siti salah seorang pengusaha jamur crispy di Kecamatan Palang jika salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah jamur menjadi crispy ialah adonan tepungnya. 

“Jadi pakai dua lapis tepung yaitu tepung kering dan tepung pencelup, tepung ini yang jadi kunci jamur jadi renyah dan tidak lembek,” paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (4/6/2022). 

Pada adonan tepung pencelup sendiri, perlu ditambahkan telur untuk menjadikan jamur crispy menjadi lebih renyah lagi. Selain itu, telur juga dapat menjadi pengganti air, untuk mengencerkan adonan. 

Selain adonan tepung, perempuan ramah ini juga mengungkapkan jika hal lain yang perlu diperhatikan ialah minyak yang digunakan untuk menggoreng, sebab kualitas minyak juga dapat berpengaruh terhadap kerenyahan dari jamur ini sendiri. 

“Minyak juga perlu diperhatikan, kemasan jamurnya juga perlu karena berpengaruh juga pada masa expied, karena kalau kemasannya beda masa expiednya juga beda,” terangnya. 

Sementara itu, dilansir dari beberapa sumber teknik lain yang dapat membuat renyah jamur crispy ialah dengan menambahkan susu bubuk dalam adonan tepung pencelup. Sebab, susu bubuk sendiri mengandung protein yang dapat mengikat cairan, sehingga bisa membuat renyah dan tidak mudah basi. 

Tidak hanya itu saja, cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan menambahkan baking soda pada adonan tepung, sebab hal itu juga dapat menjadi trik agar jamur tidak lembek, karena baking soda sendiri akan bekerja pada suhu panas serta menciptakan gelembung, sehingga dapat berpengaruh terhadap kerenyahan jamur crispy yang sudah digoreng. [Sav/Dwi]