7 Imbauan Kapolsek Widang ke Pemudik Lebaran 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kapolsek Widang, AKP Rukimin mengeluarkan imbauan untuk para pemudik, dengan maksud agar perjalanan yang dilakukan bisa aman dan nyaman, Rabu (27/4/2022)

Setidaknya ada tujuh imbauan yang telah dikeluarkan, yang pertama pihaknya mengimbau sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya memeriksa peralatan rumah yang sensitif seperti alat listrik, kompor, jendela, maupun pintu. 

Imbauan yang kedua yakni, melaporkan atau menitipkan rumah kepada petugas keamanan setempat ataupun tetangga. Apabila berniat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam kurun waktu tertentu, sekaligus memberikan lampu penerangan di luar rumah. 

Selain itu, diimbau untuk menyimpan barang berharga serta dokumen penting ditempat yang aman atau menitipkannya di kantor polisi terdekat. Tidak hanya itu saja, sebelum melaksanakan perjalanan jauh ada baiknya untuk mengecek kondisi kendaraan, tidak membawa barang berlebih, mematuhi peraturan berlalu lintas serta berdoa untuk keselamatan. 

Selanjutnya, apabila lelah dalam perjalanan hendaknya pemudik memanfaatkan Pos Pam kepolisian serta beristirahat. Jangan lupa juga selalu memperhatikan berita dan informasi tentang jalur mudik dan daerah yang dilalui melalui berbagai media. 

Lebih lanjut, imbauan yang ke tujuh ialah selalu disiplin dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Dengan adanya imbauan tersebut, pihaknya berharap agar selama mudik lebaran masyarakat bisa terhindar dari segala ancaman. 

“Diharapkan dengan himbauan ini, bisa membuat masyarakat saat mudik menjadi aman dan menyenangkan serta terhindar dari segala macam bentuk kejahatan serta ancaman keselamatan diri lainnya,” imbuh AKP Rukimin. [Sav/Ali]