10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Deteksi Bibit Siklon Tropis di Laut Timor, Ini Imbauan BMKG

bloktuban.com | Wednesday, 22 December 2021 19:00

Deteksi Bibit Siklon Tropis di Laut Timor, Ini Imbauan BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis di Laut Timor.

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memalui pusat peringatan dini siklon tropis atau tropical signin warming center, selama 24 jam dalam periode tujuh hari ke depan, terus melakukan pemantauan potensi terjadinya bibit siklon tropis.

Dampak dari adanya bibit siklon tropis tersebut dapat berpengaruh dengan cuaca dan juga gelombang. Adanya suspact area potensi bibit siklon tropis tersebut termonitor di laut Timor-Arafura dalam beberapa waktu ke depan.

“Ini adalah indikasi awal sebelum benar-benar terjadi bibit siklon bahkan sebelum benar-benar terjadi badai tropis. Maksudnya agar secara lebih dini potensi dampak yang sudah mulai terasa ini dapat di antisipasi untuk mencegah terjadinya korban jiwa,” ucap Dwikonita Karnawati, dalam konfrensi pers yang disiarkan secara virtual pada Rabu (22/12/2021).

Berdasarkan analisis dinamika atmosfer pada Rabu, 22 Desember 2021 pukul 07.00 WIB, Jakarta Tropical Warming Center mengidentifikasi adanya peningkatan potensi pembentukan pola sirkulasi siklonal atau pola pusaran angin.

Hal tersebut dapat meningkat menjadi suspect area potensi bibit siklon tropis di sekitar perbatasan wilayah laut Timor dan Arafura, atau di sekitar perairan selatan Kepulauan Tanimbar atau Saumlaki dalam periode dua hari ke depan.

“Suspect area tersebut mempunyai kecenderungan bergerak kearah selatan hingga Barat Daya menuju perairan Utara Australia,” ucapnya.

Berdasarkan pemodelan prediksi BMKG, probabilitas potensi menjadi siklon tropis di hari Kamis atau 24 jam kedepan potensi masih rendah. Namun, di hari jumat potensi meningkat dari rendah ke sedang.

"Di hari Sabtu 72 jam ke depan potensi meningkat lagi dari sedang hingga tinggi, dan di hari minggu 96 jam ke depan potensinya diprakirakan menjadi tinggi. Maka dari itu BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk tiga hari ke depan,” bebernya.  

Terkait potensi cuaca ekstrem tersebut, maka BMKG menghimbau agar masyarakat menghindari kegiatan pelayaran diwilayah perairan yang terdampak. Selanjutnya menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti di lembah sungai, lereng rawan longsor, tepi pantai, dan daerah rentan lainnya.

“Imbauan ini berlaku kami sampaikan mulai hari kamis besok hingga hari minggu. Kemudian masyarakat dan seluruh pihak terkait diimbau untuk mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor, terutama didaerah yang rentan,” sambungnya.

Pihak terkait diharapkan terus mengintensifkan, koordinasi dalam rangka antisipasi bencana hidrometeorologi. Selain itu juga dihimbau kepada semua pihak untuk terus memantau perkembangan informasi perkiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

“Dapat dilakukan melalui berbagai kanal informasi BMKG yaitu melalui website, dan follow media sosial baik twitter, instagram, YouTube, serta memalui aplikasi Ios dan android, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” tutupnya. [sav/col]

 

Tag : BMKG, prediksi, badai



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more