15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Usulan Sugondo Djojopuspito Jadi Pahlawan Nasional Masuk Tahapan Inventarisir Dokumen

bloktuban.com | Wednesday, 10 November 2021 19:00

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wabup Tuban, Riyadi,didampingi Kapolres Tuban, AKBP Darman memimpin prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe Tuban, Rabu (10/11/2021) usai Upacara Peringatan sudah tahun ini “Pahlawanku Inspirasiku”. Masyarakat Kabupaten Tuban diharapkan agar meneladani perjuangan pahlawan yang ikhlas mencurahkan jiwa raganya.

“Jadikan perjuangan pahlawan sebagai inspirasi untuk mengabdi dan memenuhi kesejahteraan masyarakat,” serunya.

Menyoal wacana pengusulan Sugondo Djojopuspito menjadi Pahlawan Nasional, Kang Riyadi sapaan akrab Wabup Tuban, menegaskan Pemkab Tuban akan berupaya semaksimal mungkin memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Saat ini tengah dilakukan inventarisir dan identifikasi dokumen pendukung serta catatan Sosok Sugondo Djojopuspito yang menjadi kebanggaan bagi kabupaten Tuban, dimana sosok Sugondo mampu merangkul seluruh pemuda Indonesia saat itu untuk menggelorakan semangat nasionalisme.

“Jiwa pahlawan yang mengalirkan di darah kita, harus tetap digelorakan masyarakat, utamanya generasi muda Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Kang Riyadi menekankan peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum mengenang perjuangan para pendahulu, pahlawan, dan pemimpin sebelumnya.

Tonggak sejarah yang ditancapkan hendaknya dapat diteruskan dengan mewujudkan apa yang dicita-citakan para pendahulu. Cerminan sikap tersebut diantaranya dengan memberikan sumbangsih sesuai dengan kompetensi masing-masing bagi bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Tuban.

“Kita berdoa bersama-sama. Semoga perjuangan yang telah dilalui menjadi ladang ibadah,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Darman yang membacakan amanat Menteri Sosial RI menyatakan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan harus dapat menginspirasi dan menggerakkan masyarakat untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas.

Peringatan Hari Pahlawan hendaknya dipandang sebagai momen untuk saling menguatkan, bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan pahlawan.

Darman menyerukan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di tiap langkah penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, mulai dari menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

“Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di tiap langkah kehidupan kita,” tandasnya.

Tampak hadir dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si pimpinan OPD, dan pegawai Pemkab Tuban. [ali/col]

 

Tag : Upacara, hari, pahlawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat