Bupati Tuban Belanja Masalah dan Minta Kades Melek Sosial Media

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky kini sedang gencar belanja masalah melalui kegiatan Safari Ramadan 1443 H di 20 kecamatan. Titik ketiga safari dilakukan di Pendopo Kecamatan Senori dan pelataran Masjid Desa Kablukan Bangilan. 

Safari Ramadan selain wadah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, lanjut Bupati Halindra juga sebagai wahana menggali informasi tentang masalah yang muncul di desa dan perlu diselesaikan segera. 

"Saya beserta seluruh jajaran Pemkab bersilaturahmi melalui Safari Ramadan ini untuk belanja masalah," ungkap Bupati Halindra, Minggu (10/4/2022). 

Momentum langka datangnya bupati beserta jajaran ke desa harus dimanfaatkan dengan baik oleh perangkat desa. Seluruh jajaran yang ikut serta, tak lain untuk memastikan seluruh jajaran pemerintah daerah tidak hanya sekedar duduk di belakang meja. 

"Saya ingin bagaimana seluruh jajaran pemkab dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang terjadi di akar rumput. Untuk itu, seluruh kepala desa harus melakukan update data tentang seluruh masalah yang ada dan perlu diselesaikan segera," tegasnya. 

Selain update data riil di wilayahnya, Bupati Halindra juga meminta Pemdes mulai merancang penganggaran tahun 2023 dan jangan ada program penting yang terlewat. 

Mas Bupati menjelaskan, perlu ada kolaborasi dan komunikasi tentang pengunaan dana desa, APBD Kabupaten, Provinsi hingga pusat. Harapannya secara menyeluruh dapat diselesaikan bersama. 

"Setidaknya masyarakat nanti tidak bilang Pak Kades menjabat sudah 6 tahun tidak menghasilkan perubahan apapun. Untuk itu, mari bersama kita bangun Tuban ini," jelentrehnya.

Dikesempatan yang sama, Mas Bupati juga menyinggung soal memaksimalkan penggunaan media sosial untuk melihat masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Seperti adanya laporan tentang jalan rusak yang ada di Desa Sidoharjo Kecamatan Senori yang ditanami pisang oleh warga. 

Menurutnya, penganggaran telah di lakukan dan akan dieksekusi di tahun ini. Saat ini tahapan rencana pembangunannya sedang berjalan dan sosialisasinya kurang ke masyarakat. 

Bupati berjanji seluruh permasalahan akan di selesaikan satu persatu, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat ikut menjaga dan memonitor proses pembangunan atau pengerjaan setiap masalah yang diselesaikan. 

"Saya pesan ke jenengan semua, kalau sudah dibangun, tolong masyarakat ikut menjaga dan memelihara," pesannya. 

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Riyadi, Ketua DPRD Tuban M. Miyadi, Sekda Budi Wiyana beserta jajaran Staf Ahli, asisten dan Pimpinan OPD, Forkopimcam, instansi vertikal hingga alim ulama. [Ali]