11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penjelasan BMKG Fenomena Angin yang Robohkan Tenda Safari Ramadan Bupati Tuban

bloktuban.com | Saturday, 09 April 2022 10:00

Penjelasan BMKG Fenomena Angin yang Robohkan Tenda Safari Ramadan Bupati Tuban Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Fenomena angin kencang yang merobohkan tenda kegiatan Safari Ramadan 1443 Hijriyah yang dihadiri Bupati Tuban, Aditya Halindra pada Jumat (8/4) sore masih menjadi perbincangan publik. Menyikapi hal tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban juga angkat bicara. 

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan, kondisi sekarang di wilayah Jawa Timur masuk pada musim pancaroba (peralihan musim dari hujan ke kemarau). Terpantau di beberapa wilayah sudah mangalami kejadian angin kencang, hujan lebat disertai petir. 

"Ini merupakan salah satu tanda-tanda akan berakhirnya musim hujan," ujar Zem Irianto kepada blokTuban.com, Sabtu (9/4/2022). 

Zem menambahkan, untuk potensi terjadinya cuaca ekstrem masih berpotensi. Sebab, awal musim kemarau wilayah Tuban diprakirakan pada dasarian 2 (tanggal 11-20 Maret) dan sebagian wilayah masuk kemarau dasarian 3 ( tanggal 21-30 Maret). 

Jika prakiraan tepat, artinya saat ini wilayah Tuban masih dalam periode peralihan yang tentunya berpotensi terjadi cuaca ekstrem akibat pertumbuhan awan konvektiv cumulonimbus seperti yang terjadi pada hari Jumat tanggal 8 April. 

"Perlu diketahui bahwa angin kencang tanggal 8 April terjadi akibat adanya awan cumulonimbus yang datang dari arah Tenggara Tuban," imbuhnya. 

Awan tersebut tumbuh di sekitar Kabupaten Gresik dan menjelajah jauh ke wilayah Tuban. Artinya angin kencang itu sulit diprediksi dari jauh hari, karena banyak faktor yang bisa menghadirkan awan cumulonimbus penyebab angin kencang. 

Bukan hanya kondisi atmosfer Tuban saja yang mempengaruhinya, tapi kondisi atmosfer di wilayah lain yang labil bisa mempengaruhi cuaca di wilayah Tuban. 

Berdasarkan prakiraan cuaca dalam 3 hari ke depan, sebagian besar wilayah Tuban diprakirakan cerah berawan - berawan. Namun untuk Tuban bagian selatan dan Tengah masih berpotensi terjadi hujan sedang - lebat yang dapat disertai angin kencang. [Ali]

 

Tag : Kepala BMKG Tuban Zem Irianto, fenomena angin Tuban, tenda Bupati Tuban roboh, musim pancaroba, berita Tuban, info Tuban, safari ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat