Desa Sidoharjo Penghasil Migas di Tuban Jadi Kampung Pancasila

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori sejak dulu dikenal sebagai penghasil Minyak dan Gas (Migas) di Kabupaten Tuban masuk area kerja Pertamina EP Asset 4 Cepu Field. Kini, wilayah ceruk Migas yang berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro tersebut disulap menjadi kampung Pancasila. 

Implementasi generasi muda berideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) letaknya di Dusun Tapen. Demi mewujudkan hal tersebut, Danramil 0811/17 Senori Kapten Inf Subandi bersama anggota Koramil Senori dan elemen masyarakat Desa Sidoharjo melaksanakan kerja bakti bersama membangun Kampung Pancasila, Jum'at (04/3).

Menurut Danramil 17 Senori Kapten Inf Subandi, kampung Pancasila sebagai benteng negara untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI.

Visi pembentukan Kampung Pancasila untuk terwujudnya masyarakat yang menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila, diantaranya sikap gotong royong, saling menjaga kerukunan antar umat beragama, dan menghargai segala perbedaan demi keutuhan NKRI.

“Kampung Pancasila di Desa Sidoharjo di bentuk dalam rangka pelestarian dan pelaksanaan Pancasila secara murni dan konsekuen,” ujar Danramil Senori dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2022).

Sedangkan misi penting diantaranya, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menumbuhkan kembali budaya gotong royong di masyarakat untuk saling tolong menolong, membentuk generasi penerus bangsa yang berjiwa patriot nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mewujudkan persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bingkai NKRI.

Pembentukan Kampung Pancasila melibatkan semua unsur mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh muda dan anak sekolah. Diharapkan dapat membentuk generasi muda berideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI. [Ali]