19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kisah Sunan Kalijaga di Makam Ploso Senori Tuban

bloktuban.com | Sunday, 03 April 2022 11:00

Kisah Sunan Kalijaga di Makam Ploso Senori Tuban Makam Sunan Kalijaga di Tuban terletak di Kecamatan Senori. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Sunan Kalijaga atau dikenal Raden Sahid adalah seorang dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. Masyarakat luas mengetahui bahwa makamnya terletak di Kadilangu, Demak. 

Berdasarkan sumber lain terdapat makam Sunan Kalijaga di Makam Ploso yang terletak di Dusun Soko, Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Makam Ploso terletak di tengah sawah dan dikelilingi sembilan pohon ploso, namun saat ini hanya tersisa lima pohon.

Menurut Taufiq yang menjadi salah satu juru kunci di Makam Ploso, menjelaskan pada mulanya makam Sunan Kalijaga tidak diketahui oleh warga sekitar. Pertama kali ditemukan oleh Mulyadi yang tinggal di tengah sawah kemudian seringkali didatangi laki-laki menggunakan jubah hitam lalu mengatakan “jika kamu ingin kembali hidup enak, peliharalah makam Sunan Kalijaga” lalu Mulyadi diajak ke makam ploso songo.

Mulyadi menceritakan hal itu kepada kiai Zubaidi Tuban, lalu kiai Zubaidi datang kepada kiai Hamid Pasuruan menceritakan tentang hal tersebut dan kiai Hamid membenarkan adanya. 

"Dari pihak desa melaporkan keberadaan makam Sunan Kalijaga kepada atasan namun tidak ada respon. Pada tahun 1999, Gus Dur mendapat petunjuk jika ingin negaranya tentram harus berziarah ke makam Sunan Kalijaga," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (3/4/2022). 

Ketika berziarah di Kadilangu Demak, Gus Dur mendapat firasat bahwa makam Sunan Kalijaga berada di Tuban dengan tanda terdapat polon Ploso sembilan. Melalui Riyadh Sauri dikenal dengan sebutan Gus Aya mencari keberadaan makam tersebut. 

"Dilakukan pencarian kemudian diterima informasi bahwa keberadaanya di Dusun Soko, Desa Medalem, Kecamatan Senori," imbuhnya. (Semua kebenarannya Wallahu A’lam).

Setelah kedatangan Gus Dur, barulah makam Sunan Kalijaga diresmikan dan banyak peziarah berdatangan. Taufik mengatakan menurut Gus Dur, yang di sini itu rumahnya kalau di Kadilangu itu kantornya. 

Ketika dimulai pembangunan dan perbaikan, makam Sunan Kalijaga dibentuk juru kunci dan kepengurusan resmi. Makam Sunan Kalijaga di Senori Tuban kini telah dikenal masyarakat luas, bahkan peziarah berasal dari luar provinsi mulai berdatangan. [Lina/Ali]

 

Tag : Kisah Sunan Kalijaga, Makam Ploso Tuban, Senori, Pohon Ploso, Karomah, Gus Dur, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat