Tuban Guyub Festival, Wadah Unjuk Talenta Masyarakat Tuban

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Tuban Guyub Festival merupakan wadah bagi masyarakat Tuban yang memiliki talenta untuk menampilkannya kepada khalayak ramai. Hadirnya kegiatan-kegiatan unjuk performance dari berbagai komunitas, maupun talkshow dari beberapa pembicara yang diadakan setiap minggu tersebut berawal dari aksi galang dana dari komunitas dance dan beatbox Tuban.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rizka Sholihatus Prahaditya, selaku sie acara Tuban Guyub Festival. “Dulu dari komunitas dance dan beatbox tampil buat galang dana bencana di Palu, kemudian diajak kerja sama oleh pusat Iinformasi Car Free Day (CFD) sampai saat ini. Sebelum itu nggak ada performance dari talent-talent,” jelasnya pada Minggu (30/1/2022).

Ia melanjutkan, dikarenakan banyak komunitas yang dikenal seperti dance, breakdance, akustik, dan lainnya maka diputuskan untuk mengadakan kegiatan ini setiap minggu. “Sebenarnya nama Tuban Guyub Festival juga baru muncul belakangan ini. Nah, biar tidak sekadar jadi pusat informasi saja dan sekaligus menghibur masyarakat yang datang ke CFD maka diagendakan setiap minggunya,” lanjutnya.

Setiap CFD, biasanya ada 5 performace dari berbagai macam komunitas untuk mengisi acara CFD dari pukul 6 sampai 10 pagi. Rizka mengaku saat ini sudah tidak kesulitan mencari talent yang ingin tampil dan menghibur masyarakat. “Dulu kita yang ngundang-ngundang dan cari talent lumayan susah. Sekarang dari talentnya yang menghubungi kita untuk perform, alhamdulillah sudah makin dikenal,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini dari para talent juga sangat antusias dengan kegiatan yang diadakan oleh Tuban Guyub Festival. Semua kalangan bisa menjadi talent untuk menunjukkan bakat ataupun memperkenalkan komunitasnya melalui kegiatan tersebut.

“Dari tua, muda, anak-anak, semua boleh perform. Kadang juga ada talkshow, edukasi-edukasi juga seperti hari ini edukasi terkait gizi dan talkshow dengan owner legenda Tuban, sama komunitas Respect,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui acara ini juga bisa mempromosikan produk-produk dari brand yang dimiliki dengan menyewa stand dari pusat informasi CFD. “Misalkan dari pengisi acaranya punya brand, boleh banget dipromosikan. Bisa juga menyewa stand untuk menampilkan produknya, kita fasilitasi dan biayanya seikhlasnya,” jelasnya.

Perempuan yang merupakan anggota Ikatan Solidaritas Tuban (IST) tersebut juga mengungkapkan, Tuban Guyub ini sebagai wadah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak talent-talent dari Tuban yang harus ditunjukkan. “Kadang orang-orang banyak yang nggak tahu ya dan mereka juga sulit mendapatkan wadah, nah di sini jangkauan kita kan seluruh kalangan masyarakat. Jadi para talent antusias, kitanya juga senang,” ungkapnya. [din/col]