Lemari Pakaian Sering Berjamur? Ini Beberapa Cara Alami Mengatasinya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Tumbuhnya jamur pada lemari pakaian merupakan masalah yang sering dialami oleh masyarakat, terlebih pada saat musim hujan tiba. Pasalnya, pertumbuhan jamur disebabkan oleh kelembapan yang terjadi pada suatu ruangan. 

Selain menimbulkan bau yang tidak sedap, jamur pada lemari pakaian juga dapat merusak lemari serta pakaian yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, keberadaan jamur dalam lemari pakaian perlu diatasi. 

Rifda, salah satu ibu rumah tangga yang kerap mengalami hal serupa mengungkapkan untuk mengatasi hal demikian ia meletakkan kemper di dalam lemari pakaiannya. Sebab, selain membuat harum pakaian, adanya kemper juga dapat mencegah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu. 

“Dulu pusing sekali cari cara biar nggak berjamur. Karena pakaian jadi bau saya letakkan kapur barus di dalam. Ternyata jamurnya juga nggak tumbuh lagi,” terang Rifda kepada blokTuban.com, Jumat (25/3/2022). 

Selain meletakkan kemper di dalam lemari, hal lain yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan alas dalam lemari sebelum pakaian diletakkan, karena jamur kerap kali tumbuh di sela-sela kayu. 

Tidak perlu alas yang mahal, kalian cukup menggunakan koran atau plastik bening untuk mengalasi lemari pakaian kalian. Akan tetapi, sebelum menempelkan alas di dalam lemari, juga harus dipastikan terlebih dahulu jika jamur sudah hilang. 

“Terus kalau meletakkan lemari jangan terlalu mepet dengan tembok (dinding), karena bisa membuat lemari jadi lembab dan akhirnya berjamur,” ujarnya.

Dengan demikian, sebaiknya lemari pakaian sedikit dimajukan beberapa sentimeter dari dinding untuk menghindari kelembapan.  Lebih lanjut, untuk menghindari pertumbuhan jamur, ada baiknya jika pemilik lemari juga memperhatikan sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan.

“Kalau bisa cendela kamar di buka setiap hari, biar kamar tidak lembab,” tutupnya.  [Sav/Ali]